PENGARUH PENDIDIKAN ANAK – ANAK TERHADAP

KEBERHASILAN BELAJAR DI  KELAS I

SEKOLAH DASAR NEGERI SANCA I

KECAMATAN JALANCAGAK – SUBANG

 

 

 

 

 

 

KARYA TULIS  INI:

DISAJIKAN DALAM KEGIATAN DISKUSI SEHARI

PADA KEGIATAN KKG SEWILAYAH SUBANG SELATAN

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

SAEPUNAJAH, S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN SUBANG

CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN JALANCAGAK

SEKOLAH DASAR NEGERI SANCA I

Jl. Desa Sanca Kec. Jalancagak Tlp. (0260) 7482244 kode Pos 41281

KATA PENGANTAR

 

Berkat rahmat Allah SWT serta idzinnya penulis dapat menulis Karya Tulis ini yang amat sederhana dan tentu banyak sekali kekurangan ,kekeliruan, baik bahasa maupun tulisan yang penulis gunakan serta isinya karena keterbatasan kemampuan dan waktu yang ada.

Pada kesempatan ini penulis mohon maaf dan mengucapkan erima kasih pada semua pihak yang telah  membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaisan Karya Tulis ini.

“Tak ada gading yang tak retak”

Semoga amal baik yang telah diberikan pada Penulis Allah SWT membalas dengan setimpal.amin.

Jalancagak , 28 Juni 2008

Penulis

NENENG SUCIATI

Mengetahui,

Kepala Sekolah

DEDE SUARSIH,S.Pd

NIP.19620404 198204 2 002

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR……………………………………………………………….          i

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………          ii

BAB I Pendahuluan……………………………………………………………………       1

  1. Latar belakang…………………………………………………………………        1
  2. Dasar…………………………………………………………………………..         1
  3. Tujuan…………………………………………………………………………         1
  4. Ruang lingkup…………………………………………………………………         1

BAB II.  Pengaruh Pendidikan Taman Kanank Kanak  Terhadap Keberhasilan

Kegiatan Belajar  Mengajar Dikelas I Sdn Sanca I Jalancagak Subang…….         2

BAB III. Kesimpulan………………………………………………………………….        3

BAB IV. Penutup………………………………………………………………………        3

BAB I

  1. LATAR BELAKANG

Pendidikan Pra Sekolah sangat menunjang dan berpengaruh terhadapkegiatan belajar mengajar di kelas I Sekoah Dasar ,penulis bersama teman teman guru kelas 1 dilingkungan kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang berpendapat bahwa Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan Belajar mengajar dikelas 1 SD.

Atas data Empiris tersebut diatas penulis melakukan pengamatan dan menuangkan dalambentuk KaryaTulis yang berjudul “PENGARUH PENDIDIKAN TAMAN KANAK KANAK TERHADAP KEERHASILAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DIKELAS I SD NEGERI SANCA I JALANCAGAK SUBANG”

  1. DASAR

Adapun Dasar pembuatan karya tulis ini sebagai salahsatu syarat untuk mengikuti lomba guru berprestasi tingkat Kabupaten.

  1. TUJUAN

Dengan penulisan karya tulis ini penulis bertujuan ingin berbagi pengalaman tentang begitu pentingnya Pendidikan Pra Sekolah khususnya pendidikan Taman Kanak-kanak usia 4 s/d 5 tahun bagi guru kelas 1 SD serta temanteman yang membaca karya tulis ini

  1. RUAGN LINGKUP

Karena keterbatasan kemampuan dan waktu yang ada penulis batasi ruang lingkup pengamatan karya tulis ini hanya dikelas 1 SD Sanca 1 kecamatan JalancagakKabupaten Subang

BAB II

PENGARUH PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN

BELAJAR MENGAJAR  DIKELASI

SDN SANCA I JALANCAGAK

SUBANG

            Pendidikan adalah karya bersama yang berlangsung dalamsuatu pola kehidupan insane tertentu ,Dengan demikian pendidikan merupakan system social yang terbentuk dari komponen komponen yang mempunyai hubungan fungsional dalam mengubah masukan menjadi hasil yang diharapkan.

Proses pendidikan merupakan rangkaian peristiwasosialyang dinamis yang didalamnya berlangsung proses manajerial dan operasional untuk melaksanakan perubahan kualitas tingkahlaku,proses perubahan tersebut memerlukan saling ketergantungan komponen komponen yang tidak jelas batas batasnya berfungsi mempertahankan kelestarian system dan memberikan hasil pendidikan pada lingkungannya.

Hasil pendidikan berupa orang yang telah mengalami peningkatan pengetauan yang mampu meningkatkan tarap hidupnya sebagai pribadi,pekerja,warga dan makhluk tuhan,serta berguna untuk dirinya ,berguna untuk keluarganya dan berguna bagi lingkungan dimana dia berada.

Untuk menghasilkan hsil pendidikan yang lebih baik,penulis berpendapat bahwa anak usia pra sekolah perlu mendapat perhatian serius dalam pendidikannya sehingga anak diharapkan menjadi manusia Indonesia  yang paripurna yang memiliki kopetensi tinggi daya fikir serta pemahaman terhadap religious yang baik.

Atas dasar tersebut diatas penulis akan mengamati pelaksanaan pendidikan pra sekolah dalam hal ini pendidikan taman kanak kanak berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan belajar mengajar dikelas 1 SD Sanca I kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang.

Dari hasil pengamatan penulis sehari hari pada waktu mengajar kreativitas dan aktivitas pada saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar 12 orang siswa dari 23 orang siswa kelas 1 SD Ssanca I lebih aktif serta kreatif dan memiliki motivasi  belajarnya tinggi dibandingkan dengan 11 orang siswa yang tidak pernah mengikuti pendidikan taman kanak kanak.

Dengan menggunakan metode eksperimen dari 23 orang siswa kelas I SD Sanca I untuk mengetahui kemampuan siswa diadakan tes:

  1. Kecepatan rata rata banyaknya kata kata yang dibaca permenit
  2. Kecepatan rata rata banyaknya menghitung penjumlahan yang benar /40 menit
  3. Kecepatan rata rata banyaknya menulis kalimat/40 menit

Dari 23 orang siswa kelas I SD Sanca I dimana penulis sebagai gurunya 12siswa yang pernah mengikuti TK ternyata nilai rata rata hasil tesnya lebih baik dibandingkan 11 orang siswa yang tidak masuk TK.

Dari hasil kegiatan pengamatan yang penulis lakukan dugaan sementara adanya pegaruh yang signifikan siswa kelas 1 yang pernah mengikuti TK terhadap keberhasilan belajar mengajarnya.

Hasil diskusi dugaan sementara tersebut diatas baik dengan teman teman guru yang ada diSD Sanca I maupun beberapa teman guru kelas 1 se kecamatan Jalancagak sepakat menyimpulkan “ ada pengaruh yang signifikan (berarti) Pendidikan Taman Kanak-kanak terhadap keberhasilan Kegiatan Belajar mengajar”

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

KESIMPULAN

 

Dari hasil pengamatan penulis mencoba menyimpulkan :

  1. Pendidikan Taman Kanak kanak bagi anak usia pra sekolah merupakan suatu keharusan untuk membenetuk manusia Indonesia yang paripurna
  2. Ada pengaruh yang signifikan Pendidikan Taman Kanakkanak terhadapkeberhasilan Belajar Mengajar

SARAN

 

Penulis mencoba memberikan saran kepada:

  1. Orang tua yangmemiliki anak usia pra sekolah agar anak nya bisa mengikuti pendidikan taman kanak kanak
  2. Pemerintah agar dapat mensosialisasikan betapa pentingnyapendidikan pra sekolah bagi anaknya pada masyarakat luas,serta memfasilitasiberdirinya taman kanak kanak minimal1 desa 1 Taman kanak kanak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Dengan tersajinya karya tulis ini penulis mengharapkan saran dan masukan yang sangat berharga untuk dijaadikan perbaikan pad ape,buatan karya tulis selanjutnya.

Semoga karya tulis ini bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi yang berkenan membacanya.

About these ads