RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

B. Komepetensi Dasar
Menghafal enam Rukun Iman.

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Siswa dapat menjelaskan tentang rukun iman ayat ( NK. Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya )
 Siswa dapat menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
 Siswa dapat menjelaskan pengertian rukun iman.

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Enam rukun iman
Rukun Iman ada enam (6) perkara :
(1) Beriman kepada ALLAH SWT
(2) Beriman kepada Malaikat-malaikat
(3) Beriman kepada Kitab-kitab
(4) Beriman kepada Rasul-rasul
(5) Beriman kepada Hari Kiamat
(6) Beriman kepada Qada dan Qadar

 Arti rukun iman
1.Pengertian Iman Dalam Al-Qur’an dan Hadits
Arti iman dalam Al-Qur’an maksudnya membenarkan dengan penuh Keyakinan bahwa Allah SWT. mempunyai kitab-kitab yang diturunkan kepada hamba-hambaNya dengan kebenaran yang nyata dan petunjuk yang jelas. Dan bahwaNya Al-Qur’an adalah kalam Allah yang Ia firmankan dengan sebenarnya.
Arti Iman dalam Hadits maksudnya iman yang merupakan pembenaran batin. Rasullallah menyebutkan hal-hal lain sebagai iman, seperti akhlak yang baik, bermurah hati, sabar, cinta Rasul, cinta sahabat, rasa malu dan sebagainya.

2.Arti Iman
Menurut bahasa iman berarti pembenaran hati. Sedangkan menurut istilah iman adalah

“Membenarkan dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan”

Penjelasan arti iman
• Membenarkan dengan hati maksudnya menerima segala apa yang di bawa oleh Rasullullah.
• Mengikrarkan dengan lisan maksudnya mengucapkan dua kalimah syahadat “Laa ilaha illallahu wa anna Muhammadan Rasullullah” (tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah).
• Mengamalkan dengan anggota badan maksudnya hati mengamalkan dalam bentuk keyakinan, sedang anggota badan mengamalkan dalam bentuk ibadah-ibadah sesuai dengan fungsinya.

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang Rukun Iman yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1 Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar rukun iman

Motivasi :
memberikan informasi tentang rukun iman
10 menit
2 Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang rukun iman (fase eksplorasi) Dengan cara Gemar membaca , serta Tanggung jawab
 Bertanya jawab tentang rukun iman, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan rukun iman (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit
3 Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang rukun iman
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Syair lagu
2. Kartu rukun iman
3. LKS
4. Bendera
5. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
 Jujur.: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
 Toleransi.: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
 Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
 Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
 Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
 Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
 Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
 Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
 Peduli lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
 Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
A. Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

 Menyebutkan enam rukun iman
 Mengurutkan enam rukun iman
 Menghafal enam Rukun Iman
 Menyebutkan cirri-ciri orang yang beriman
 Menjelaskan rukun iman
Tes tulis

Tes lisan

Jawaban singkat

Jawaban singkat

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL ENAM RUKUN IMAN

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
….

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar hafal
Skor 1 : Sebagian kecil hafal

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

B. Komepetensi Dasar
Menghafal dua kalimat syahadat.

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Siswa dapat mendefinisikan syahadatain melalui: kerja berpasangan
 Siswa dapat menyusun puzzel untuk membahas jenis syahadat
 Siswa dapat melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui: contoh lafal yang diucapakan guru. ( NK. Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya )

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Definisi syahadatain
 Jenis syahadat Syahadatain

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang Rukun Iman yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu
1 Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar dua kalimat syahadat

Motivasi :
memberikan informasi tentang dua kalimat syahadat
10 menit
2 Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang dua kalimat syahadat (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang dua kalimat syahadat, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan dua kalimat syahadat (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi) 60 Menit
3 Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang dua kalimat syahadat
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Lagu aku bersaksi
3. Hasil kerja siswa
4. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.

 Mendefinisikan syahadatain
 Menyebutkan jenis syahadat
 Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
 Menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
Tes tulis

Tes lisan

Jawaban singkat

Jawaban singkat

 Apa definisi syahadatain?

 Sebutkan jenis syahadat!

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL DUA KALIMAT SYAHADAT

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
….

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar hafal
Skor 1 : Sebagian kecil hafal

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

B. Komepetensi Dasar
Mengartikan dua kalimat syahadat.

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Siswa dapat mendefinisikan dua kalimat syahadat melalui: kerja berpasangan
 Siswa dapat menyusun puzzel untuk membahas dua kalimat syahadat
 Siswa dapat melafalkan dua kalimat syahadat melalui: contoh lafal yang diucapakan guru.

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Arti syahadat Tauhid
 Arti syahadat Rosul

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang dua kalimat syahadat yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu

1
Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar dua kalimat syahadat

Motivasi :
Memberikan informasi tentang dua kalimat syahadat

10 menit

2
Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang dua kalimat syahadat (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang dua kalimat syahadat, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan dua kalimat syahadat (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang dua kalimat syahadat
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Syair lagu
2. Kartu rukun iman
3. LKS
4. Bendera
5. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.

 Mengartikan syahadat Tauhid
 Mengartikan syahadat Rosul
 Menghafal dua kalimat syahadat
 Menyebutkan waktu pengucapan kalimat syahadatain
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
Tes lisan
Isian
Uraian
Performance
 Apa definisi syahadat Tauhid?

 Apa definisi syahadat Rosul?

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGARTIKAN DUA KALIMAT SYAHADAT

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
….

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Arti semua
Skor 2 : Sebagian besar Arti
Skor 1 : Sebagian kecil Arti

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

B. Komepetensi Dasar
Mengenal sifat-sifat Allah (Al Ahad dan al Kholiq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya.

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Siswa dapat mendefinisikan Al-Asma Al-Husna melalui: kerja berpasangan
 Siswa dapat menyusun puzzel untuk membahas Al-Asma Al-Husna
 Siswa dapat melafalkan Al-Asma Al-Husna melalui: contoh lafal yang diucapakan guru.

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Definisi Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
 Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang Al-Asma Al-Husna yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu

1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar Al-Asma Al-Husna

Motivasi :
Memberikan informasi tentang Al-Asma Al-Husna

10 menit

2
Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang Al-Asma Al-Husna (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang Al-Asma Al-Husna, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan Al-Asma Al-Husna (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang Al-Asma Al-Husna
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Lingkung-an sekitar
3. Benda-benda di sekitar
4. VCD Nabi Ibrahim
5. LKS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.

 Mendefinisikan asma’ul husna
 Melafalkan Al Ahad dan al Kholiq
 Mengartikan Al Ahad dan al Kholiq
 Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Kholiq
 Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Al Ahad
 Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
 Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah
 Menunjukkan contoh perbuatan musyrik
 Menjelaskan akibat perbuatan musyrik
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Isian
Uraian
Performance
 Apa definisi asma’ul husna?

 Apa definisi Ahad dan al Kholiq?

 Jelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam mencari Tuhan!

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar hafal
Skor 1 : Sebagian kecil hafal

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
2. Membiasakan akhlak terpuji

B. Komepetensi Dasar
Membiasakan sifat disiplin dan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari bi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya.

C. Materi Pembelajaran
 Pengertian disiplin dan hidup bersih
 Disiplin di rumah, Madrasah dan tempat ibadah
 Cara merawat badan, pakaian dan tempat

D. Tujuan Pembelajaran * :
 Membahas pengertian disiplin dan hidup bersih melalui bertanya jawab
 Mendata perbuatan yang harus di-kerjakan secara disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
 Mencari contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah) melalui presentasi hasil kerja.
 Membahas tata cara merawat badan, pakaian dan tempat

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu

1
Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar disiplin dan hidup bersih

Motivasi :
Memberikan informasi tentang disiplin dan hidup bersih

10 menit

2
Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang disiplin dan hidup bersih (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan disiplin dan hidup bersih (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Hasil kerja siswa
3. LKS
4. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.

 Mengartikan disiplin dan hidup bersih
 Menunjukkan contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
 Menunjukkan contoh perbuatan hidup bersih
 Menunjukkan keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih
 Menunjukkan akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih
 Mempraktekkan sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
 Mempraktekkan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat
Tes tulis

Tes lisan

Isian
Uraian
Perfor mance
Unjuk kerja
 Apa definisi disiplin dan hidup bersih?

 Sebutkan sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah) ?

 Apa akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih ?

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar hafal
Skor 1 : Sebagian kecil hafal

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
2. Membiasakan akhlak terpuji

B. Komepetensi Dasar
Membiasakan berakhlak baik ketika mandi, tidur dan buang air besar/kecil dalam kehi dupan se-hari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Kerja berpasangan membahas adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
 Menghafal do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
 Kerja berpasangan membahas adab ketika mandi, buang air besar/kecil
 Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan tentang adab setelah mandi, buang air besar/kecil melalui
 Menghafal do’a ketika keluar dari kamar mandi
 Mencari contoh dan sosio drama mempraktekkan adab ketika mandi, buang air besar/kecil
 Kerja berpasangan dan tanya jawab tentang manfaat beradab secara Islami ketika mandi, buang air besar/kecil
 Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan Menyebutkan adab ketika akan tidur
 Menghafal do’a akan tidur
 Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan membahas adab ketika tidur (bermimpi) melalui
 Menghafal do’a ketika bermimpi
 Berbagi pengalaman dan kerja berpasanga tentang adab ketika bangun tidur
 Menghafal do’a bangun tidur
 Diskusi kelompok tentang manfaat berakhlak baik ketika tidur
 Membuat rangkuman

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
 Do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
 Adab setelah mandi, buang air besar/kecil
 Do’a ketika keluar dari kamar mandi
 Adab ketika mandi, buang air besar/kecil
 Adab ketika akan tidur
 Do’a akan tidur
 Adab ketika bermimpi
 Do’a ketika bermimpi
 Adab ketika bangun tidur
 Do’a bangun tidur

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu

1
Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar disiplin dan hidup bersih

Motivasi :
Memberikan informasi tentang disiplin dan hidup bersih

10 menit

2
Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang disiplin dan hidup bersih (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan disiplin dan hidup bersih (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang disiplin dan hidup bersih
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Hasil kerja siswa
3. LKS
4. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.
 Menyebutkan etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil
 Menyebutkan etika ketika mandi, buang air besar/kecil
 Menyebutkan etika setelah mandi, buang air besar/kecil
 Menyebutkan do’a akan masuk dan keluar kamar mandi
 Menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika mandi, buang air besar/kecil
 Menyebutkan etika ketika akan tidur
 Menyebutkan adab ketika tidur (bermimpi)
 Menyebutkan etika ketika bangun tidur
 Menyebutkan do’a sebelum dan sesudah tidur
 Menjelaskan etika ketika tidur
Tes tulis

Tes lisan

Isian
Uraian
Perfor mance
Hafalan
 Sebutkan etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil!

 Sebutkan etika ketika mandi, buang air besar/kecil!

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL DO’A KETIKA MANDI, TIDUR DAN BUANG AIR BESAR/KECIL

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
….

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar hafal
Skor 1 : Sebagian kecil hafal

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI AL – JIHAD
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2×40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi
3. Menghindari akhlak tercela

B. Komepetensi Dasar
3.1 Membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran * :
 Mengartikan akhlak tercela melalui bertanya jawab dan kerja berpasangan tentang nama lain dari ahlak tercela.
 Bertanya jawab tentang arti hidup kotor
 Mendata perbuatan yang termasuk hidup kotor (mengamati kehidupan pemulung)
 Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor melalui tanya jawab
 Menceritakan cara menghindari perbuatan yang termasuk hidup kotor
 Menunjukkan contoh perbuatan cara menghindari hidup kotor
 Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok dan presentasi hasil kerja

 Karakter siswa yang diharapkan :
 Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
 Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

D. Materi Pembelajaran
 Pengertian ahlak tercela
 Pengertian hidup kotor

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Tanya jawab tentang akhlak tercela yang siswa ketahui
 Diskusi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
No Uraian Kegiatan Waktu

1
Kegiatan awal :

Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela

Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak tercela

10 menit

2
Kegiatan inti :
 Siswa membaca literatur tentang akhlak tercela (fase eksplorasi)
 Bertanya jawab tentang akhlak tercela, (fase eksplorasi)
 Siswa diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)
 Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
 Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
 Tanya jawab tentang akhlak tercela
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10 menit

G. Sumber belajar dan media pembelajaran :
1. Buku paket
2. Hasil kerja siswa
3. LKS
4. TTS

H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Religius.
 Jujur.
 Toleransi.
 Disiplin.
 Kerja keras
 Kreatif
 Demokratif
 Rasa Ingin tahu
 Gemar membaca
 Peduli lingkungan:
 Peduli social
 Tanggung jawab.

 Menjelaskan pengertian akhlak tercela
 Menjelaskan pengertian hidup kotor
 Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor
 Menunjukkan contoh cara menghindari hidup kotor
 Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor
 Menunjukkan akibat hidup kotor
Tes tulis

Tes lisan

Isian
Uraian
Perfor mance

 Jelaskan pengertian akhlak tercela!
 Apa pengertian hidup kotor?

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN TENTANG ARTI HIDUP KOTOR

Tanggal : …………………
No Nama siswa ASPEK YANG DIAMATI Skor Nilai
Benar Urut Partisipasi Semangat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
….

Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A. BENAR
Skor 3 : Arti semua
Skor 2 : Sebagian besar Arti
Skor 1 : Sebagian kecil Arti

B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut

C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman

D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman

Mengetahui
Kepala Madrasah

…………………………………….
NIP/NIK. ………….. , ………………………….
Guru Mapel Aqidah Akhlaq

……………………………………
NIP/NIK.