Dengan Ilmu Hidup Menjadi Mudah

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                  : VI / I

Alokasi Waktu                       :18 x 35 menit

Pert. 7 – 12 (6 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan

alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

  1. II.    Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial

                                                negara-negara tetangga

  1. III.   Indikator                         : – menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial

negara-neara tetangga

- membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-

negara tetangga.

  1. IV.  Materi Pokok

Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)

Pertemuan 7-9

-          Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga

-          Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga

Pertemuan 10-12

-          Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

-          Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta, atlas

-          Globedan Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis          : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                  : VI / I

Alokasi Waktu                       : 18 x 35 menit

Pert. 1 – 6 (6 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan

alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara

serta benua-benua.

  1. II.    Kompetensi Dasar        : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah

                                                Indonesia

  1. III.   Indikator                         : – Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah

                                                  Indonesia

- Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah

Indonesia dalam Peta / globe

- Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah

Indonesia dengan Negara-negara tetangga.

  1. IV.  Materi Pokok

Perkembangan sistem administrasi wilayahIndonesia

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)

Pertemuan 1-2

-          Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayahIndonesia

-          Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayahIndonesia

Pertemuan 1-2

-          Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayahIndonesiadalam peta / atlas, globe

-          Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut

-          Tanya jawab.

Pertemuan 1-2

-          Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayahIndonesiadengan negara-negara tetangga.

-          Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayahIndonesiadengan negara-negara tetangga.

-          Tugas

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta

-          Globe

-          Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis          : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                  : VI / I

Alokasi Waktu                       : 18 x 35 menit

Pert. 13  – 18 (6 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi    : Memahami perkembangan wilayahIndonesia kenampakan

                                                alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara

serta benua-benua.

  1. II.    Kompetensi Dasar        : Mengidentifikasi benua-benua
  2. III.   Indikator                         : – Menunjukkan benua-benua

- Membedakan benua-benua

  1. IV.  Materi Pokok

Benua-benua

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)

Pertemuan 13-15

-          Menunjukan benua-benua

-          Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.

Pertemuan 16-18

-          Membedakan benua-benua

-          Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Peta,

-          Globe

-          Buku yang relevan

VII. Penilaian

-        Tes tertulis          : Uraian

-        Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                      : VI / II

Alokasi Waktu                           : 18 x 35 menit

Pert. 1 – 5 (5 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi        : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
  2. II.    Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di

Indonesia dan negara tetangga

  1. III.   Indikator                             : – Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara

tetangga Indonesia.

- Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan

negara-negara lain.

  1. IV.  Materi Pokok

Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)

Pertemuan 1

-          Pengamatan PetaAsiaTenggara

-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 2

-          Pengamatan PetaAsiaTenggara

-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara

-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 3

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.

Pertemuan 4

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.

Pertemuan 5

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar petaIndonesia

-          Gambar PetaAsiaTenggara

VII. Penilaian

-     Tes tertulis    : Pilihan ganda, jawab singkat

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                              : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                          : VI / II

Alokasi Waktu                               : 18 x 35 menit

Pert. 6 – 9 (4 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi            : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan

sekitarnya.

  1. II.    Kompetensi Dasar                : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
  2. III.   Indikator                                 : – Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.

- Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

  1. IV.  Materi Pokok

Cara menghadapi bencana alam

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)

Pertemuan 6

-          Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam

-          Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam

-          Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam

Pertemuan 7

-          Mengamati gambar bencana alam

-          Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam

-          Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi

Pertemuan 8

-          Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu

-          Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam

-          Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam

Pertemuan 9

-          Kesimpulan guru da siswa

-          Evaluasi

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar petaIndonesia

-          Gambar PetaAsiaTenggara

VII. Penilaian

-     Tes tertulis    : jawab singkat, uraian

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                    : VI / II

Alokasi Waktu                         : 15 x 35 menit

Pert. 10 – 14 (4 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi      : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
  2. II.    Kompetensi Dasar          : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan

                                                  dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa

Indonesia

  1. III.   Indikator                           : – Menjelaskan perananIndonesia pada era globalisasi.

- Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat

sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,

makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan

tradisi).

  1. IV.  Materi Pokok

Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)

Pertemuan 10

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi

-          Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.

Pertemuan 11

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.

-          Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.

Pertemuan 12

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsaIndonesiaakibat globalisasi

-          Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsaIndonesia.

Pertemuan 13

-          Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan

-          Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi

-          Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

Pertemuan 14

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar pabrik tekstil

-          Gambar kilang minyak

VII. Penilaian

-     Tes tertulis    : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                                NIP. …………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester                  : VI / II

Alokasi Waktu                       : 15 x 35 menit

Pert. 15 – 18 (4 minggu)

  1. I.      Standar Kompetensi    : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai

                                                manfaat ekspor dan impor di Indonesia.

  1. II.    Kompetensi Dasar        : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai

                                                kegiatan ekonomi antar bangsa.

  1. III.   Indikator                         : – Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh

                                                  Indonesia.

- Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-

barang antara Indonesia dan luar negeri.

- Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara

Indonesia dan luar negeri.

  1. IV.  Materi Pokok

Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

  1. V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)

Pertemuan 1

-          Pengamatan PetaAsiaTenggara

-          Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 2

-          Pengamatan PetaAsiaTenggara

-          Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara

-          Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara

Pertemuan 3

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.

Pertemuan 4

-          Pengamatan peta Asia Tenggara

-          Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara

-          Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.

Pertemuan 5

-          Kesimpuan guru dan siswa

-          Evaluasi

  1. VI.  Alat Dan Sumber Bahan

-          Gambar petaIndonesia

-          Gambar PetaAsiaTenggara

VII. Penilaian

-     Tes tertulis    : Pilihan ganda, jawab singkat

-     Pengamatan / perbuatan

Mengetahui,                          Demak, ………………………20…….

Kepala Sekolah                                            Guru Kelas

……………………….                               ……………………….

NIP. …………………                             NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di         Indonesia dan negara tetangga
  1. INDIKATOR
  • Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia.
  • Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia denga negara-negara lain.
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat menemutunjukan letak dan nama negara tetangga Indonesia
  • Peserta didik mampu membandingkan ciri ciri gejala alam Indonesia dengan negara negara lain
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

-      Apersepsi

-      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

-      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

-      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

-      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

-      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

-      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

-      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

-      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

-      Peserta didik mengerjakan evaluasi

-      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

-      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

  1. Sebutkan 8 propinsi yang ada di Indonesia dulu
  2. Propinsi borneo sekarang dikenal dengan nama….
  3. Ada berapa jumlah propinsi yang sekarang?
  4. Pulau jawa terbagi menjadi 3 propinsi yaitu….
  5. Di propinsi manakah kalian tinggal?
  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

-      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

-      Soal yang salah diberi nilai 0

-      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

Mengetahui,Kepala Sekolah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Wali Kelas VI

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : Matematika

Diskusikanlah dengan kelompokmu lihat ke atlasmu ada berapa kota yang ada di propinsi jawa barat! 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia  sekitarnya.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
  1. INDIKATOR
  • Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
  • Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat Menjelaskan cara menghadapi bencana alam
  • Peserta didik mampu menunjukan jenis jenis bencana alam
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

-      Apersepsi

-      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

-      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

-      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

-      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

-      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

-      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

-      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

-      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

-      Peserta didik mengerjakan evaluasi

-      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

-      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

-      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

-      Soal yang salah diberi nilai 0

-      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

Mengetahui,Kepala Sekolah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Wali Kelas VI

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami peranan Indonesia di era globalisasi.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan
  1. INDIKATOR
  • Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
  • Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat  sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,  makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan  tradisi
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat Menjelaskan peran bangsa Indonesia pada era globalisasi
  • Peserta didik mampu menunjukan perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

-      Apersepsi

-      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

-      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

-      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

-      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

-      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

-      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

-      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

-      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

-      Peserta didik mengerjakan evaluasi

-      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

-      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

-      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

-      Soal yang salah diberi nilai 0

-      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : IPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai     kegiatan ekonomi antar bangsa
  1.  INDIKATOR
  • Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh Indonesia.
  • Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-          barang antara Indonesia dan luar negeri.
  • Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antarai ndonesia dan luar negeri
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat menemu tunjukan barang yang di eksport dan import
  • Peserta didik mampu menjelaskan bentuk bentuk kegiatan pertukaran barang dan jasa antara Indonesia dan luar negeri
  • Peserta didik dapat menunjukan manfaat eksport dan import
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

-      Apersepsi

-      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

-      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

-      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

-      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

-      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

-      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

-      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

-      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

-      Peserta didik mengerjakan evaluasi

-      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

-      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

-      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

-      Soal yang salah diberi nilai 0

-      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

Mengetahui,Kepala Sekolah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Wali Kelas VI

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : IPS


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 278 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: