RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : IV/I

Waktu                         : 1 x 35 menit

Hari/ Tanggal              : Senin,  10 Agustus 2009

STANDAR KOMPETENSI

  • Memahami dan menggunakan sifat sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

KOMPETENSIDASAR

  • Mengurutkan bilangan

INDIKATOR

  • Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ribuan
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pengetahuan,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat :

  1. Mengidentifikasi tempat bilangan sampai dengan ribuan secara baik dan benar
  2. Menentukan nilaitempat bilangan sampai dengna ribuan secara baik dan benar
  3. Menunjukan nilai angka bilangan sampaidengan ribuan secara baik dan benar
  1. MATERI PEMBELAJARAN

Bilangan yang terdiri dari 4 angka disebut bilangan ribuan nilai tempat dan nilai angka dari bilangan yang ditunjukan oleh contoh bilangan 1.234 berikut ini:

Bilangan 1.234
Angka Nilai tempat Nilai angka
1 Ribuan 1000
2 Ratusan 200
3 Puluhan 30
4 Satuan 4

1.234 dibaca seribu dua ratus tiga puluh empat

  1. METODE PEMBELAJARAN
  • Latihan,diskusi,ceramah bervariasi
  1. ALAT  DAN SUMBER PEMBELAJARAN
  • Buku ayo belajar Matematika SD kelas IV Burham Mustaqim,Ary Astuti,pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2008 hal16
  • Hitunganku Matematika IV Teguh Purwantari,Untung Basuka,Suharyanto,Widodo,Bumi Aksara,Jakarta hal,2
  • Terampil berhitung Matematika 4,Tim Bina Karya Guru,Erlangga Jakarta,2004 hal 25
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)
  • Mengondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif
  • Apersepsi melalui Tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu
  1. 2.345 dibaca…
  2. 3.205 dibaca…
  3. Empat ribu tiga ratus dua puluh satu ditulis…
  4. Kegiatan Inti (20 menit)
  • Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok
  • Guru membagika LKS
  • Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengerjakan tugas dalam LKS
  • Guru mempersilahkan peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya peserta lain menanggapi
  • Guru memberikan pujian atau hadiah bagi kelompok yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru  memberikan penegasan materi yang dipresentasikan siswa
  • Peserta didik berlatih mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
  1. Kegiatan Penutup ( 10 menit)
  • Peserta didik menyimpulkan materi dengan bimbingan guru
  • Peserta didik mengerjakan Tes Akhir
  • Peserta didik mencatat tugas /PR yang diberikan guru
  1. PENILAIAN
  • Prosedur Penilaian                   : Tes kinerja dan tes akhir
  • Jenis tes                                   : tulisan
  • Bentuk tes                               : isian singkat
  • Alat tes                                    : soal-soal dan LKS
  • Instrument tes

Petunjuk  : Isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Angka 2 pada bilangan 3.240 menempati tempat…
  2. Nilai angka 5 pada bilangan 5.200 adalah…
  3. Angka 4 pada bilangan 1994 menempati tempat…
  4. Nilai angka 8 pada bilangan 3.284 adalah…
  • Kunci jawaban

1  ratusan         2 5000             3 satuan           4 ribuan           5 . 80

  • Kriteria Penilaian

–          Setiap jawaban yang tepat diberi skor 20

–          Setiap jawaban yang salah diberi skor 0

–          Skor maksimal 100

Teman Sejawat

SITI KAMSIAH,S.Ag

Nip. 19661110 198610 2 001

Ciater, 10 Agustus 2009

Praktikan

AI SARIPAH

Nim:. 817650095

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok                     :

Nama Anggota                        :

Petunjuk : Isilah table dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

Bilangan 2.346
Angka Nilai tempat Nilai angka
2
3
4
6
Jumlah

LEMBAR PENGAMATAN

Mata Pelajaran                        : Matematika

Kelas/Semester                        : IV/I

Hari/tanggal                            : Senin, 10 Agustus 2009

No Nama Siswa Aspek yang dinilai
Minat Belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan
Dede Koswara A A A
Firman Fadilah B B C
Erga K B B B
Gita Lestari A B A
Ai Solehati A A A
Hojinul Jannah A A B

Ciater, 10 Agustus 2009

Praktikan

AI SARIPAH

NIM. 817650095