Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran             : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester           : VI/ I

Pertemuan Ke               : 1

Alokasi Waktu             : 2 x 35 Menit

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :

1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

II.   Indikator

  • Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

IV.  Materi Ajar

Karya Seni Rupa

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  tanya jawab

4.  latihan

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara

Kegiatan Inti

1.    Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

2.  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

3.    Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

4.    Tanya jawab

Kegiatan Akhir

  1. 1.     Memberikan latihan soal
  2.     Memberikan soal Pekerjaan Rumah
  3.     Menutup pelajaran

VII.Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 2

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

1.2  Menjelaskan cara membatik

II.   Indikator

  • Mengidentifikasi jenis –jenis ragam corak dalam batik.
  • Mengelompokkan jenis-jenis corak dalam batik.
  • Menyebutkan langkah-langkah dalam pembuatan karya seni rupa dalam membatik.
  • Merancang pola ragam hias batik di atas bahan kertas tisyu, dan bahan batik.
  • Mewarnai batik dengan perpaduan warna pada bahan kertas dan bahan kain.

III. Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan ragam hias dan cara membatik

IV.  Materi Ajar

Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan beberapa gambar, foto atau model beberapa corak batik

Kegiatan Inti

1.  Mengklasifikasi jneis-jenis corak dalam batik

2.  Menjelaskan cara dan langkah-langkah dalam membatik

3.  Membuat rancangan pola hias batik

4.  Mewarnai rancangan pola hias batik

Kegiatan Akhir

1.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Gambar, foto dan model karya seni rupa tiga dimensi

VIII.  Penilaian

          Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 3

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

       1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II.   Indikator

  • Memajang hasil karya ragam hias batik pada bahan kertas dan kain.
  • Memberi tanggapan positif terhadap hasil karya sendiri maupun orang lain.

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

IV.  Materi Ajar

Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  tanya jawab

4.  latihan

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain

Kegiatan Inti

1.  Mengidentifikasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

2.  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

3.  Mengeksposisi tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

4.  Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 4

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

2.1 Membatik  dengan teknik sederhana

II.   Indikator

  • Mempersiapkan bahan dan alat dalam membuat karya batik.
  • Membuat rancangan corak batik sederhana  di atas kertas atau bahan lain.
  • Membatik dengan teknik sederhana.
  • Mewarnai corak batik dengan perpaduan warna pada bahan kertas atau bahan lain

III. Tujuan Pembelajaran

Membatik dengan langkah-langkah dan teknik sederhana

IV.  Materi Ajar

Mengenal Ragam Hias dan Teknik Batik

V.   Metoda Pembelajaran

1.  ekspositori (menerangkan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membatik

Kegiatan Inti

1.  Membatik dengan teknik sederhana pada kain

Kegiatan Akhir

1.  Memeriksa hasil karya

2.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ II

Pertemuan Ke                       : 5

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam di sekitar sekolah

II.   Indikator

  • Menyebutkan langkah-langkah menggambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah.
  • Mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah.
  • Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah.

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam di sekitar sekolah

IV.  Materi Ajar

Gambar Ilustrasi Alam Sekitar

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Melakukan pengamatan suasan alam di sekitar sekolah

2. Menyiapkan alat dan bahan

Kegiatan Inti

1.  Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam di sekitar sekolah

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup praktek

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 6

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

2.3  Merancang boneka

II.   Indikator

  • Membuat kumpulan  gambar bentuk karakter boneka
  • Membuat kumpulan tentang berbagai jeis karakter dan teknik pembuatan boneka
  • Membuat berbagai sketsa pengembangan dari jenis simbol-simbol boneka.
  • Membuat rancangangambar boneka dengan kreatif.

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat rancangan boneka dengan kreatif

IV.  Materi Ajar

Membuat Model Benda Beroda

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model rancangan boneka

Kegiatan Inti

1. Membuat rancangan boneka

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 7

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

2.4  Membuat boneka berdasarkan rancangan

II.   Indikator

  • Mempersiapkan bahan dan alat untuk membuat boneka berdasarkan rancangan.
  • Membuat boneka berdasarkan rancangan dengan alat dan bahan yang sederhana.
  • Menghias boneka dengan aksesoris yang menarik

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat boneka

IV.  Materi Ajar

Mari Membuat Boneka

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat boneka

Kegiatan Inti

1. Membuat boneka sesuai dengan rancangan

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 8

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

3  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara

II.   Indikator

  • Menyebutkan jenis musik Nusantara  melalui lagu yang diperdendangkan.
  • Menyebutkan jenis alat musik daerah Nusantara.
  • Menjelaskan cara memainan alat musik daerah Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal beberapa musik daerah Nusantara

IV.  Materi Ajar

         Mengenal Musik Nasional dan Mancanegara

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa lagu dan musik daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Mengapreasiasi beberapa lagu dan musik daerah Nusantara

2.  Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara

3.  Memainkan beberapa alat musik daerah Nusantara

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 9

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

3.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

3.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara.

II.   Indikator

  • Memainkan alat musik daerah Nusantara yang dikuasai.
  • Memberi tanggapan positif terhadap penampilan memainkan alat musik oleh sendiri maupun orang lain.

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi beberapa ragam musik daerah Nusantara

IV.  Materi Ajar

         Alat Musik Tradisional

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa musik daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Mengadakan pertunjukkan sedehana dalam memainkan alat musik daerah Nusantara  di hadapan siswa lain..

2.  Menyampaikan pendapat atau komentar positif terhadap penampilan memainkan alat musik oleh  sendiri maupun orang lain.

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk mencoba memainkan alat musik daerah di rumah

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 10

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

4.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis

II.   Indikator

  • Menunjukkan alat musik ritmis.

 

  • Menunjukkan alat musik melodis.
  • Membedakan antara alat musik ritmis dan melodis.
  • Memeragakan teknik memainkan alat musik ritmis dan meldis secara kelompok.
  • Membedakan antara alat musik ritmis dan melodis

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis

IV.  Materi Ajar

Teknik Memainkan Alat Musik

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa alat musik ritmis dan melodis

Kegiatan Inti

1.  Menjelaskan cara memainkan alat ritmis dan melodis

2.  Memainkan alat musik ritmis dan melodis

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih memainkan alat musik

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Alat musik

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 11

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

4.2 Menyanyikan lagu wajib, daerah  dan Nusantara dengan iringan sederhana

II.   Indikator

  • Mengidentifikasi lagu wajib.
  • Mengidentifikasi lagu daerah.
  • Mengidentifikasi lagu Nusantara.
  • Menyanyikan lagu wajib.
  • Menyanyikan lagu daerah
  • Menyanyikan lagu Nusantara.

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal dan menyanyikan lagu Wajibdan daerah Nusantara dengan iringan sederhana

IV.  Materi Ajar

Menyanyikan Lagu Diiringi Alat Musik

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa lagu wajib dan daerah

Kegiatan Inti

1.  Menyannyikan lagu wajib dan daerah diiringi dengan musik sederhana

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas mencoba menyanyikan kembali di rumah dengan iringan sendiri

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Alat musik

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

.

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 12

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

5.    Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

       5.1 Menjelaskan makna pola lantai pada tarian

II.   Indikator

  • Menyebutkan makna pola lantai  pada tarian.

III. Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan tentang makna pola lantai pada tarian

IV.  Materi Ajar

Apresiasi Tari

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  tanya jawab

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang makna pola lantai

Kegiatan Inti

1.  Mengeksposisi tentang makna pola lantai

2.  Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, CD Film dokumenter
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 13

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

5.2   Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat.

II.   Indikator

  • Mengamati gambar , foto atau film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
  • Mengidentifikasi pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
  • Membandingkan pola lantai gerak seni tari daerah setempat dengan daerah lainnya

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal dan membedakan pola lantai gerak seni tari daerah setempat dengan daerah lainnya

IV.  Materi Ajar

Tari Bertema

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  Diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

2. Mengeksposisi tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

3. Diskusi

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • CD Film dokumenter
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 14

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

5.3  Menganalisis  pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat

II.   Indikator

  • Mengamati gambar , foto atau film dokumenter tentang pola lantai gerak tari Nusantara
  • Membandingkan pola lantai gerak tari daerah dengan daerah lainnya
  • Menganalisis pola lantai gerak tari daerah setempat

III. Tujuan Pembelajaran

Menganalisa pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan

IV.  Materi Ajar

Apresiasi Tari

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak tari Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Membuat catatan dari hasil pengamatan

2. Mengeksposisi tentang pola lantai gerak tari Nusantara

3.  Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • CD Film dokumenter
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 15

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

6.  Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

6.1  Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok.

II.   Indikator

  • Menjelaskan langkah-langkah mengadakan peragaan tari Nusantara daerah setempat secara sederhana.
  • Menyusun persiapan mengadakan peragaan tari Nusantara daerah setempat secara perorangan dan kelompok.

III.  Tujuan Pembelajaran

Mempersiapkan peragaan tari daerah dengan pola lantai secara perorangan dan kelompok

IV.   Materi Ajar

Praktik Tari

V.     Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Menjelaskan tentang pertunjukkan tari yang akan dilaksanakan

Kegiatan Inti

1. Membentuk kelompok latihan

2. Memberikan petunjuk dan bimbingan dalam latihan

3. Melakukan latihan dengan baik dan benar

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih di rumah

2.  Menutup latihan

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • CD Film dokumenter

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 16

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

SENI TARI

Standar  Kompetensi

6.  Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

6.2  Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok.

II.   Indikator

  • Mempertunjukkan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan.
  • Mempertunjukkan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara kelompok

III.  Tujuan Pembelajaran

Mempersiapkan peragaan tari daerah dengan pola lantai secara perorangan dan kelompok

IV.   Materi Ajar

Praktik Tari

V.     Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Menjelaskan tentang pertunjukkan tari yang akan dilaksanakan

Kegiatan Inti

1. Membentuk kelompok latihan

2. Memberikan petunjuk dan bimbingan dalam latihan

3. Melakukan latihan dengan baik dan benar

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih di rumah

2.  Menutup latihan

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • CD Film dokumenter

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 17

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

7. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

7.1    Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan  anyaman.

II.   Indikator

  • Menyebutkan kesesuaian fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan anyaman.
  • Menyebutkan jenis-jenis bahan untuk membuat kerajinan anyaman.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembuatan kerajinan anyaman.
  • Menjelaskan macam-macam motif anyaman.

III. Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman

IV.  Materi Ajar

Kerajinan Tangan Anyaman

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model kerajinan anyaman

Kegiatan Inti

1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan anyaman

2. Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan anyaman

3.  Diskusi

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 18

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

7. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

7.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap kerajinan anyaman

II.   Indikator

  • Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
  • Mengapresiasi keindahan karya kerajinan anyaman

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi karya kerajinan anyaman

IV.  Materi Ajar

Kerajinan Tangan Anyaman

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model mainan benda beroda

Kegiatan Inti

1. Mengapresiasi karya kerajinan anyaman

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 19

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

8.   Membuat karya kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

8.1  Membuat kerajinan anyaman.

II.   Indikator

  • Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat anyaman
  • Membuat benda anyaman

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat kerajinan anyaman

IV.  Materi Ajar

Kerajinan Tangan Anyaman

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat anyaman

Kegiatan Inti

1. Membuat kerajinan anyamn

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 20

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

8.   Membuat karya kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

8.2  Merancang benda pakai dari bahan anyaman

II.   Indikator

  • Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
  • Menjelaskan teknik dan bahan pembuatan benda dari bahan anyaman
  • Merancang benda dari bahan anyaman

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat rancangan benda pakai dari bahan anyaman

IV.  Materi Ajar

Kerajinan Tangan Anyaman

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model benda kerajinan

Kegiatan Inti

1. Membuat rancangan benda kerajinan

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                      : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                     : VI/ I

Pertemuan Ke                       : 21

Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

8.   Membuat karya kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

8.3  Membuat benda pakai dari bahan anyaman

II.   Indikator

  • Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat benda kerajinan
  • Membuat benda kerajinan

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat benda pakai dari bahan anyaman

IV.  Materi Ajar

Kerajinan Tangan Anyaman

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam benda kerajinan

Kegiatan Inti

1. Membuat benda kerajinan

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

Guru Kelas VI

SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197808292005011002

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 1

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :

9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

II.   Indikator

  • Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

IV.  Materi Ajar

Karya Seni Rupa

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  tanya jawab

4.  latihan

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara

Kegiatan Inti

1.    Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

2.  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

3.    Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

4.    Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.Memberikan latihan soal

2.Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 2

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II.   Indikator

  • Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengklasifikasi keunikan ragam hias batik Nusantara daerah lain
  • Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

IV.  Materi Ajar

Karya Seni Rupa

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  tanya jawab

4.  latihan

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain

Kegiatan Inti

1.  Mengidentifikasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

2.  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

3.  Mengeksposisi tentang keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

4.  Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 3

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar

II.   Indikator

  • Mengamati beberapa gambar/foto ilustrasi suasana alam sekitar
  • Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar

IV.  Materi Ajar

Gambar Ilustrasi Alam Sekitar

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan beberapa gambar ilustrasi alam sekitar

Kegiatan Inti

1.  Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar

Kegiatan Akhir

1.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Gambar

VIII.  Penilaian

          Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 4

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas

II.   Indikator

  • Membentuk kelompok siswa
  • Membentuk panitia pameran
  • Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
  • Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat

III. Tujuan Pembelajaran

Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas

IV.  Materi Ajar

Pameran

V.   Metoda Pembelajaran

1.  ekspositori (menerangkan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Menjelaskan beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa

Kegiatan Inti

1.  Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran

2.  Membentuk panitia pameran

3.  Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan

4.  Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya

Kegiatan Akhir

1.  Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 5

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI RUPA

Standar  Kompetensi

10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :

10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas/sekolah

II.   Indikator

  • Membuat denah pameran
  • Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
  • Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya

III. Tujuan Pembelajaran

Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah

IV.  Materi Ajar

Pameran

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan pameran

Kegiatan Inti

1.  Mengadakan pameran karya seni rupa hasil dari karya siswa

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pameran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 6

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

11.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

11.1 Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara

II.   Indikator

  • Mengidentifikasi berbagai lagu dan musik daerah Nusantara
  • Menyebutkan beberapa lagu dan musik daerah Nusantara
  • Membandingkan beberapa lagu dan musik Nusantara
  • Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
  • Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara

IV.  Materi Ajar

Ragam Lagu Daerah Nusantara

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenalkan beberapa lagu daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara

2.  Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 7

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

11.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

11.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara

II.   Indikator

  • Menghapal dan menyanyikan beberapa lagu dan musik daerah Nusantara dengan baik
  • Mengapresiasi beberapa lagu dan musik daerah Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi beberapa lagu dan musik Nusantara

IV.  Materi Ajar

         Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa lagu dan musik daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Mengapreasiasi beberapa lagu dan musik daerah Nusantara

2.  Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara

3.  Memainkan beberapa alat musik daerah Nusantara

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara

2.  Menutup pelajaran

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 8

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis

II.   Indikator

  • Mengenalkan alat musik ritmis dan melodis
  • Menjelaskan teknik memainkan beberapa alat musik ritmis dan melodis
  • Memainkan alat musik ritmis dan melodis

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis

IV.  Materi Ajar

Alat Musik Ritmis dan Melodis

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Mengenal beberapa alat musik ritmis dan melodis

Kegiatan Inti

1.  Menjelaskan cara memainkan alat ritmis dan melodis

2.  Memainkan alat musik ritmis dan melodis

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih memainkan alat musik

2.  Menutup pelajaran

XIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Alat musik

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 9

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

12.2  Menyiapkan  pertunjukan  lagu daerah Nusantara dengan iringan musik sederhana

II.   Indikator

  • Melakukan latihan persiapan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana

III. Tujuan Pembelajaran

Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana

IV.  Materi Ajar

Pertunjukkan

V.   Metoda Pembelajaran

1.  ekspositori (menerangkan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Menjelaskan pertunjukkan yang akan digelar

Kegiatan Inti

1.  Membentuk kelompok latihan

2.  Memberikan petunjuk dan bimbingan di dalam persiapan

3.  Melakukan latihan/persiapan

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih di rumah

2.  Menutup pelajaran

XIV. Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 10

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI MUSIK

Standar  Kompetensi

12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :

12.3 Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana

II.   Indikator

  • Mementaskan petunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan musik sederhana di kelas atau di sekolah

III. Tujuan Pembelajaran

Mengadakan pertunjukkan  lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

IV.  Materi Ajar

Pertunjukkan

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Memeriksan kembali persiapan alat dan peserta

Kegiatan Inti

1. Mengadakan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pertunjukkan

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 11

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

13. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

13.1 Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara

II.   Indikator

  • Mengamati gambar , foto atau film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
  • Mengidentifikasi pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
  • Membandingkan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Mengenal dan membedakan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

IV.  Materi Ajar

Tari Bertema

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  Diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

Kegiatan Inti

1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

2. Mengeksposisi tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

3. Diskusi

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • CD Film dokumenter
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 12

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

13. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

13.2 Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan

II.   Indikator

  • Mengamati gambar , foto atau film dokumenter tentang pola lantai gerak tari Nusantara
  • Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara
  • Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Menganalisa pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan

IV.  Materi Ajar

Apresiasi Tari

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak tari Nusantara

Kegiatan Inti

1.  Membuat catatan dari hasil pengamatan

2. Mengeksposisi tentang pola lantai gerak tari Nusantara

3.  Tanya jawab

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • CD Film dokumenter
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 13

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

14.1 Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

II.   Indikator

  • Mengamati gambar , foto atau film dokumenter tentang pola lantai gerak tari  Nusantara
  • Menirukan gerakan tari Nusantara dengan pola lantai
  • Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai

III. Tujuan Pembelajaran

Melakukan peragaan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

IV.  Materi Ajar

Tari Daerah

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya

Kegiatan Inti

1. Peragaan tari

Kegiatan Akhir

1.  Menutup peragaan

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD lagu dan musik

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 14

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

14.2 Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah

II.   Indikator

  • Melakukan latihan persiapan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah

III. Tujuan Pembelajaran

Mempersiapkan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah

IV.  Materi Ajar

Tari Daerah

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

Menjelaskan tentang pertunjukkan tari yang akan dilaksanakan

Kegiatan Inti

1. Membentuk kelompok latihan

2. Memberikan petunjuk dan bimbingan dalam latihan

3. Melakukan latihan dengan baik dan benar

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan tugas untuk berlatih di rumah

2.  Menutup latihan

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • CD Film dokumenter

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 15

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

SENI TARI

Standar  Kompetensi

14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :

14.3 Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah

II.   Indikator

  • Menggelar pertunjukkan beberapa tarian Nusantara

III. Tujuan Pembelajaran

Mengadakan pertunjukkan beberapa tarian Nusantara

IV.  Materi Ajar

Tari Daerah

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya

Kegiatan Inti

1. Pementasan

Kegiatan Akhir

1.  Menutup pementasan

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Kaset/CD lagu dan musik

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 16

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

15. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

15.1  Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

II.   Indikator

  • Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
    • Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

III. Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

IV.  Materi Ajar

Model Benda Beroda

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model kerajinan kerajinan benda mainan beroda

Kegiatan Inti

1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda

2. Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda

3.  Diskusi

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 17

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

15. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :

15.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda

II.   Indikator

  • Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
  • Mengapresiasi keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

III. Tujuan Pembelajaran

Mengapresiasi karya kerajinan benda mainan beroda

IV.  Materi Ajar

Model Benda Beroda

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)

3.  ekspositori (menerangkan)

4.  diskusi

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model mainan benda beroda

Kegiatan Inti

1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya mainan benda beroda

2. Mengeksposisi tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya mainan benda beroda

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan latihan soal

2.  Memberikan soal Pekerjaan Rumah

3.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Tes lisan dan tulisan

Bentuk : Isian dan uraian

Instrumen : Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 18

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

16.   Membuat karya kerajinan dan benda permainan

I.    Kompetensi Dasar :

16.1  Merancang benda mainan beroda

II.   Indikator

  • Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
  • Menjelaskan teknik dan bahan pembuatan benda mainan beroda
  • Merancang benda mainan beroda

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat rancangan benda mainan beroda

IV.  Materi Ajar

Membuat Model Benda Beroda

V.   Metoda Pembelajaran

1.  apersepsi (pengamatan)

2.  ekspositori (menerangkan)

3.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model benda mainan beroda

Kegiatan Inti

1. Membuat rancangan benda mainan beroda

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Mata Pelajaran                    : SENI BUDAYA dan KETERAMPILAN

Kelas/Semester                    : VI/ II

Pertemuan Ke                     : 19

Alokasi Waktu                    : 2 x 35 Menit

 

KETERAMPILAN

Standar  Kompetensi

16.   Membuat karya kerajinan dan benda permainan

I.    Kompetensi Dasar :

16.2  Membuat benda mainan beroda

II.   Indikator

  • Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat mainan beroda
  • Membuat benda mainan beroda dengan baik

III. Tujuan Pembelajaran

Membuat karya mainan beroda

IV.  Materi Ajar

Membuat Model Benda Beroda

V.   Metoda Pembelajaran

1.  demontrasi (peragaan)

VI.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan awal

1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam benda mainan beroda

Kegiatan Inti

1. Membuat benda mainan beroda

Kegiatan Akhir

1.  Memberikan penilaian

2.  Menutup pelajaran

VII.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar

  • Buku paket SBK standar isi 2006
  • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
  • Model karya seni rupa tiga dimensi
  • Gambar atau foto

VIII.  Penilaian

Teknik : Praktek

Bentuk :

Instrumen :