Dengan Ilmu Hidup Menjadi Mudah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester : IV / 2

Waktu : 1 x 35 menit

Hari/Tanggal : Senin, 12 April 2010

STANDAR KOMPETENSI

Memahami hubungan antara sunber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan hubungan antara sumber daya alm dengan lingkungan

INDIKATOR

Memberi contoh hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aflikasi peserta didik dapat : Menyebutkan macam-macam sumber daya alam berdasarkan lingkungannya dengan baik dan benar. Menjelaskan macam-macam kekayaan laut yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dengan baik dan benar. Menerangkan manfaat hutan dengan baik dan benar.

MATERI PEMELAJARAN

Berdasarkan lingkungannya sumber daya alam dibedakan menjadi 4 yaitu: 1.Sumber daya laut 2.Sumber daya sungai 3.Sumber daya hutan 4.Sumber daya pegunungan Laut sangat banyak menyimpan sumber daya alam misalnya: ikan, rumput laut,mutiara,kerang,udang dan bahkan minyak bumi.Semua makhluk hidup yang hidup di laut merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya menanam rumput laut,membiakan kerang dan membuat rumah ikan. Hutan merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai.Banyak hasil hutan yang dapat dimanfaatkan seperti sebagai penyimpan air, penghasil kayu dan tempat hidup berbagai jenis tunbuhan dan hewan.

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )

Mengkondisikan peserta didik pada situasi belajar yang kondusif

Apersepsi melalui Tanya jawab Siapa yang pernah pergi ke laut? Apa yang kalian lihat di laut? Tempat wisata apa yang ada di kec.Ciater?

Kegiatan Inti ( 20 menit )

Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok ,

guru membagikan LKS peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya mengerjakan LKS dengan bimbingan guru

Guru mempersilahkan peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain ,guru memberi penghargaan bagi kelompok yang sudah mempresentasikan hasil kerja kelompoknya baik dengan hadiah kecil atau dengan pujian.

Guru memberi penegasan terhadap materi yang sudah dibahas peserta didik dalam diskusi.

Kegiatan Penutup ( 10 menit)

Peserta didik menyimpulkan materi dengan bimbingan guru Peserta didik mengerjakan tes akhir Peserta didik diberi pesan moral oleh guru agar senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar peserta didik.

METODE PEMBELAJARAN

Ceramah bervariasi,penugasan,diskusi

ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN

Ilmu Pengetahuan Alam IV, Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008, hal. 134 Sains 4, Purwo Sutanto, Sarjan dan Handayani, Sahabat, Klaten, 2004, hal. 154. Gambar hutan, gambar laut.

PENILAIAN

Prosedur Penilaian : Tes Proses dan tes akhir

Jenis tes : lisan dan tulisan

Bentuk tes : Pilihan Ganda

Alat tes : Soal dan LKS

Instrument tes : Terlampir Kunci Jawaban C A C B A

Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor nol Skor maksimal 100

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok : Anggota kelompok – – – – – –

Petunjuk : Diskusikan bersama teman kelompokmu, apa saja manfaat hutan dan manfaat laut, tulis jawabannya pada table di bawah ini! Laut / Danau Hutan / perkebunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester : IV / 2

Hari/Tanggal : Selasa, 13 April 2010

No Nama Siswa Aspek yang dinilai Catatan Minat belajar Sikap Keaktifan/kerjasama

LEMBAR SOAL

Lingkarilah huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat! Bahan dari alam yang dapat dimanfaatkan manusia disebut… Sumber-sumber alam Sumber kekuatan alam Sumber daya alam Yang merupakan sumber daya laut adalah…. Ikan, rumput laut Air, kayu Irigasi Di bawah ini adalah manfaat – manfaat hutan adalah dengan cara…. Tempat penyimpan air Penghasil kayu Penghasil garam Salah satu cara melestarikan hutan adalah dengan cara… Membersihkan sungai Tidak menebang pohon sembarangan Menjaga terumbu karang Daerah pegunungan juga merupakan kekayaan alam yang berfungsi… Untuk pendakian gunung Penghasil garam Penghasil ikan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester : IV / 2

Waktu : 1 x 35 menit

Hari/Tanggal : Selasa, 13 April 2010

STANDAR KOMPETENSI

Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan propinsi. KOMPETENSI DASAR Mengenal permasalahan sosial di daerahnya. INDIKATOR Mengidentifikasi permasalahan social yang terdapat di daerahnya. TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan, pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat: Menyebutkan beberapa contoh masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar dengan baik dan benar. Memberikan contoh tindak kejahatan yang merupakan masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar dengan baik dan benar. Menjelaskan cara mengantisipasi tindak kejahatan dengan baik dan benar. MATERI PEMELAJARAN Banyak masalah-masalah social yang terjadi di lingkungan tempat tinggal kita seperti masalah kependudukan, keamanan, sampah, kebakaran, pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, ketidaktertiban dan ketidakdisiplinan, narkoba, pemborosan energy dan kelangkaan barang kebutuhan. Adapun yang termasuk masalah kependudukan seperti ; persebaran penduduk yang tidak merata, jumlah penduduk yang begitu besar, pertumbuhan penduduk yang tinggi, kualitas penduduk rendah, rendahnya pendapatan perkapita, tingginya tingkat ketergantungan, kepadatan penduduk dan lain-lain. Contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan , pemalakan, korupsi, pembunuhan dan penculikan. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit ) Mengkondisikan peserta didik pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Siapa yang pernah melihat berita di telepisi? Berita tentang apa saja yang pernah kalian lihat ? Kegiatan Inti ( 20 menit ) Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dengan mencari informasi dari surat kabar yang telah disediakan guru. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya yang diwakili oleh ketua kelompok di depan kelas. Guru memberikan penegasan terhadap materi yang sudah dibahas peserta didik. Kegiatan Penutup ( 10 menit) Peserta didik menyimpulkan materi dengan bimbingan guru Peserta didik mengerjakan post test. METODE PEMBELAJARAN Ceramah bervariasi,penugasan,diskusi ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN Ilmu pengetahuan social 4,Tantya Hisnu P. dan Winardi, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008, hal.197 Koran-koran. PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes Proses dan tes akhir Jenis tes : Lisan dan tulisan Bentuk tes : Pilihan Ganda Alat tes : Soal dan LKS Instrument tes : Terlampir Kunci jawaban: B 2. A 3. C 4. B 5. A Kriteria penilaian: Setiap jawaban yang betul mendapat skor nilai 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor nilai 0 Skor maksilam 100 LEMBAR SOAL Petunjuk: Lingkarilah huruf a, b atau c pada jawaban yang paling tepat ! Di bawah ini merupakan contoh masalah social : Tidak mengerjakan PR Perampokan Dimarahi orang tua karena malas belajar Yang termasuik masalah kependudukan diantaranya adalah : Kepadatan penduduk Korupsi Pencopetan Contoh tindak kejahatan… Membantu orang miskin Menyayangi anak yatim Pembunuhan Tindakan yang harus diambil kalau rumah warga mengalami kebakaran adalah… Menonton petugas pemadam kebakaran bekerja Membantu memadamkan api Menggunakan kesempatan untuk mencuri Untuk menjaga keamanan lingkungan biasanya warga mengadakan kegiatan… Meronda b. solat berjamaah c. menyanyi bersama LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : ……………………………………………………….. Anggota Kelompok : 1. …………………………………………………….. 2……………………………………………………… 3……………………………………………………… 4……………………………………………………… 5……………………………………………………… 6……………………………………………………… Petunjuk : Bacalah Koran yang disediakan guru dan catatlah masalah social apa yang kamu baca, dimana terjadinya dan apa akibat yang ditimbulkan nya ! Jawab : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : IV/I Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : STANDAR KOMPETENSI Memahami dan menggunakan sifat sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah KOMPETENSIDASAR Mengurutkan bilangan INDIKATOR Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ribuan TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Mengidentifikasi tempat bilangan sampai dengan ribuan secara baik dan benar Menentukan nilaitempat bilangan sampai dengna ribuan secara baik dan benar Menunjukan nilai angka bilangan sampaidengan ribuan secara baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Bilangan yang terdiri dari 4 angka disebut bilangan ribuan nilai tempat dan nilai angka dari bilangan yang ditunjukan oleh contoh bilangan 1.234 berikut ini: Bilangan 1.234 Angka Nilai tempat Nilai angka 1 Ribuan 1000 2 Ratusan 200 3 Puluhan 30 4 Satuan 4 1.234 dibaca seribu dua ratus tiga puluh empat METODE PEMBELAJARAN Latihan,diskusi,ceramah,bervariasi ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku ayo belajar Matematika SD kelas IV Burham Mustaqim,Ary Astuti,pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2008 hal16 Hitunganku Matematika IV Teguh Purwantari,Untung Basuka,Suharyanto,Widodo,Bumi Aksara,Jakarta hal,2 Terampl berhitung Matematika 4Tim Bina Karya Guru,Erlangga Jakarta,2004 hal 25 KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit) Mengondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu 2.345 dibaca… 3.205 dibaca… Empat ribu tiga ratus dua puluh satu ditulis… Kegiatan Inti (20 menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok Guru membagika LKS Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengerjakan tugas dalam LKS Guru mempersilahkan peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya peserta lain menanggapi Guru memberikan pujian atau hadiah bagi kelompok yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya Guru memberikan penegasan materi yang dipresentasikan siswa Peserta didik berlatih mengerjakan soal latihan yang diberikan guru Kegiatan Penutup ( 10 menit) Menyimpulkan materi Mengerjakan Tes Akhir Memberikan tugas /PR PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes kinerja dan tes akhir Jenis tes : tulisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal dan LKS Instrument tes Petunjuk : Isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! Angka 2 pada bilangan 3.240 menempati tempat… Nilai angka 5 pada bilangan 5.200 adalah… Angka 4 pada bilangan 1994 menempati tempat… Nilai angka 8 pada bilangan 3.284 adalah… Kunci jawaban 1 ratusan 2 5000 3 satuan 4 ribuan 5 . 80 Criteria Penilaian Setiap jawaban yang tepat diberi skor 20 Setiap jawaban yang salah diberi skor nol Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : – – – Petunjuk : Isilah table dibawah ini dengan jawaban yang tepat ! Bilangan 2.346 Angka Nilai tempat Nilai angka 2 3 4 6 Jumlah LEMBAR PENGAMATAN Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : IV/I Hari/tanggal : No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B Ciater, RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV/II Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Selasa,9 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Memahami teks melalui membaca intensif ,membaca nyaring dan membaca pantun KOMPETENSIDASAR Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat INDIKATOR Menyimpulkan isi pengumuman TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Membaca teks pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat secara baik dan benar Menguraikan isi pengumuman yang dibaca dengan baik dan benar Membuat teks pengumuman dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Pengumuman adalah cara menyampaikan pesan dengan tulisan ketika akan menulis pengumuman hal penting yang harus diperhatikan adalah kepada siapa pengumuman itu ditujukan dan siapa yang membuat pengumuman itu. Ketika membaca teks pengumuman kamu harus memperhatikan intonasi pelafalan dan suara yang baik.Tujuannya agar isi pengumuman dapat dipahami orang lain. Contoh pengumuman : Pengumuman Telah hilang sebuah tas sekolah warna merah milik Lala Kumala siswa kelas IV,siapa saja yang menemiukannya harap menghubungi Bapak Rustam Efendi diruang Guru pukul 12.00 Jakarta,25 Desember 2007 RUSTAM EFENDI LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab : Siapa yang pernah membaca pengumuman? Pengumuman tentang apa yang pernah kalian baca? Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok masing masing kelompok berdiskusi mengerjakan LKS dengan bimbingan guru Guru mempersilahkan tiap tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergiliran dan ditanggapi oleh kelompok lain Guru memberikan penghargaan /pujian bagi kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya Guru member penegsan kembali terhadap materi yang dibahas peserta didik. Kegiatan penutup(10 menit) Menyimpulkan materi Mengerjakan Tes Akhir Memberikan tugas /PR METODE PEMBELAJARAN Diskusi,demonstrasi ,ceramah ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku Bahasa Indonesiamembuatku cerdas kelas IV,Edi Warsidi,kelas IV,Edi Warsidi dan Rafika,pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,2008 hal 78 Belajar aktif Bahasa Indonesia kelas IV, Widyati S PT Bintang ILmu 2004 hal 85 Buku Bahasa Indonesia Bahasaku Drs.Jhony Lorung,Asyary,S.Pd, Aneka Ilmu,Semarang 2002 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes kinerja dan tes akhir Jenis tes : tulisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal dan LKS Instrument tes Petunjuk : bacalah pengumuman dibawah ini dan jawablah pertanyaannya! Pengumuman Seluruh siswa kelas IV SDN Pratama yang akan mengikuti Karyawisata ke kebun binatang Bandung diharapkan segera mendaftarkan diri paling lambat tanggal 24 Nopember 2007 kepada ibu Fatrah Azhari dengan membawa surat izin dari orang tua. Terima kasih Bandung, 19 Nopember 2007 Kepala Sekolah Masihin Akbar,S.Pd Kapan pengimuman diatas dibuat? Siapa yuang membuat pengumuman itu? Kepada siapa pengumuman itu ditujukan? Kapan paling lambat waktu pendaftaran? Kepada siapa siswa harus mendaftar? Kunci Jawaban Tanggal 19 Nopember 2007 Kepada Sekolah Masihin Akbar S.Pd Siswa kelas IV yang akan ikut karya wisata kekebun binatang Tanggal 24 Nopember 2007 Ibu Fatrah Akbar 1 ratusan 2 5000 3 satuan 4 ribuan 5 . 80 Criteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 2 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : – – – – – – – – – – Petunjuk : biatlah sebuah pengumuman lalu baca dengan lafal dan intonasi yang tepat. ISi pengumumannya adalah tentang seorang anak ebernama Lala Kumala yang kehilangan tas untuk yang menemukan harus melaporkannya ke Bapak Rustam Efendi diruang Guru jam 12.00. Pengumuman dibuat oleh Bpk. Rustam Efendi tanggal 25 Desember 2008 LEMBAR PENGAMATAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV/II Hari/tanggal : Selasa,9 Maret 2010 No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/II Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Rabu,10 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Menerapkan sifat sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model KOMPETENSIDASAR Mendeskripsikan sifat sifat cahaya INDIKATOR Mendemontrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening,berwarna ,gelap) TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Membuktikan bahwa cahaya dapat menembus benda bening dengan baik dan benar Menjelaskan bagaimana bayangan dapat terbentuk dengan baik dan benar Menyebutkan benda benda apa saja yang dapat ditembus cahaya dan benda benda yang tidak dapat ditembus cahaya dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Cahaya dapat menembus benda benng seperti plastic bening ,gelas bening,jika cahaya disorotkan ke benda bening maka tidak akan terbentuk bayangan Bayangan terbentuk karena cahaya tidak dapat menebus benda gelap.bayangan adalah daerah gelap yang terbentuk akibat cahaya tidak dapat menembus suatu benda LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengondisikan peserta didik pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab : – mengapa kita tidak dapat melihat benda ditempat yang gelap? – sifat cahaya dapat merambat lurus dimanfaatkan manusia untuk membuat apa? Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok setiap kelompok melakukan percobaan dengan alat dan bahan bahan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu Peserrta didik mencatat hasil percobaan dibuku tugas untuk dipresentasikan sambil didemonstrasikan Guru membimbing peserta didik melakukan percobaan sambil melakukan penilaian proses Peserta didik dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusinya secara bergiliran Guru member penghargaan kepada kelompok yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya Guru member penegasan terhadap materi yang dibahas Kegiatan penutup(10 menit) Menyimpulkan materi Mengerjakan Tes Akhir Memberikan tugas /PR METODE PEMBELAJARAN Diskusi,demonstrasi ,ceramah ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes kinerja dan tes akhir Jenis tes : tulisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal dan LKS Instrument tes Petunjuk : bacalah pengumuman dibawah ini dan jawablah pertanyaannya! Pengumuman Seluruh siswa kelas IV SDN Pratama yang akan mengikuti Karyawisata ke kebun binatang Bandung diharapkan segera mendaftarkan diri paling lambat tanggal 24 Nopember 2007 kepada ibu Fatrah Azhari dengan membawa surat izin dari orang tua. Terima kasih Bandung, 19 Nopember 2007 Kepala Sekolah Masihin Akbar,S.Pd Kapan pengumuman diatas dibuat? Siapa yuang membuat pengumuman itu? Kepada siapa pengumuman itu ditujukan? Kapan paling lambat waktu pendaftaran? Kepada siapa siswa harus mendaftar? Kunci Jawaban Tanggal 19 Nopember 2007 Kepada Sekolah Masihin Akbar S.Pd Siswa kelas IV yang akan ikut karya wisata kekebun binatang Tanggal 24 Nopember 2007 Ibu Fatrah Akbar 1 ratusan 2 5000 3 satuan 4 ribuan 5 . 80 Criteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 2 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : – – – – – – – – – – Petunjuk : biatlah sebuah pengumuman lalu baca dengan lafal dan intonasi yang tepat. ISi pengumumannya adalah tentang seorang anak ebernama Lala Kumala yang kehilangan tas untuk yang menemukan harus melaporkannya ke Bapak Rustam Efendi diruang Guru jam 12.00. Pengumuman dibuat oleh Bpk. Rustam Efendi tanggal 25 Desember 2008 LEMBAR PENGAMATAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV/II Hari/tanggal : No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas/Semester : IV/II Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Senin, 23 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Mengenal sumber daya alam,kegiatan ekonmi dan kemajuan teknologi dilingkungan Kabupaten/kota dan Propinsi KOMPETENSIDASAR Mengenal permasalahan sosial didaerahnya INDIKATOR Membedakan antara masalah sosial dan masalah pribadi TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Menjelaskan pengertian masalah social dengan baik dan benar Menreangkan devinisi masalah pribadi dengan baik dan benar Member contoh masalah social dan masalah pribadi dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Masalah social adalah suatu masalah yang semua wawrga masyarakat lain ikut merasakan pengaruh masalah tersebut,seperti masalah perampokan ,pembunuhan,pencopetan,tawuranantar sekolah,dll. Masalah pribadi adalah masalah masalah yang dialami dan dihadapi oleh manusia sebagai individu (pribadi) contohnya lupa mengerjakan PR,sakit,dijauhi teman teman dimarahi orang tua dll. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengkondisikan peserta didi pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Apakah pernah terjadi pencurian didaerahmu? Sebutkan contoh contoh kejahatan! Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok setiap kelompok Tiap tiap kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS Peserta didik dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain Guru memberikan penghargaan atau pujian bagi peserta didik yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya Peserta didik menyimak penegasan guru mengenai materi yang dibahas peserta didik Kegiatan penutup(10 menit) Menyimpulkan materi Mengerjakan Tes Akhir Memberikan tugas /PR METODE PEMBELAJARAN Diskusi, ,ceramah bervariasi ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD ,Tantya Hisnu P, Winardi, Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,Jakarta 2008 hal 197 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes kinerja dan tes akhir Jenis tes : tulisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal dan LKS Instrument tes Petunjuk : isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat ! Maslah pribadi adalah masalah masalah yang dihadapi manusia sebagai… Contoh masalah pribadi adalah… Perampokan termasuk masalah… Masalah social adalah yang seluruh warga masyarakat merasakan… masalah tersebut. Tawuran antar sekolah termasuk masalah… Kunci jawaban Individu (pribadi) Lupa mengerajakan PR,dimarahi orang tua karena nakal Sosial Pengaruh Sosial Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 2 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : ……………. ……………. . ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. Petunjuk : Diskusikan dengan teman temanmu maslah dibawah ini, mana yangmerupakan masalah social dan mana yang merupakan masalah pribadi 1. Seragam sekolah sobek tersangkut paku 2 banyak sekali lulusan sarjana yang menganggur 3 dimarahi orang tua karena nakal 4 nilai ujian mu tidak bagus 5 Sering terjadi kasus pencopetan didalam angkutan umum 6 banyak sekali sampah yang berserakan dipinggir jalan 7 Tawuran antar sekolah 8 penebangan hutan sembarangan 1. Yang dimaksud dengan masalah social adalah… 2 yang dimaksud dengan masalah pribadi adalah… LEMBAR PENGAMATAN Mata Pelajaran : IPS Kelas /Semester : IV/2 Hari/Tanggal : Senin, 23 Maret 2010 No Nama Siswa Aspek yang dinilai catatan Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Subang, 23 Maret 2010 Praktikan AI SARIPAH NIM. 817650095 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : V/II Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : STANDAR KOMPETENSI Menerapkan sifat sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model KOMPETENSIDASAR Mendeskripsikan sifat sifat cahaya INDIKATOR Mendeskripsikan sifat sifat cahaya yang mengenai cermin datar TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Member contoh cermin datar dengan baik dan benar Menjelaskan sifat bayangan pada cermin datar dengan baik dan benar Melakukan percobaan membuktikan sifat bayangan pada cermin datar dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Cermin datar yaitu cermin yang memiliki permuykaan pemantul cahaya yang datar contohnya cermin untuk berkaca Cermin datar memiliki sifat sifat sebagai berikut : Bayangan benda tegak dan semu Besar bayangan sama besar dengan benda aslinya Tinggi bayangan sama dengan tingi benda yang sesungguhya Jarak benda dengan cermin sama dengan jarak bayangan dengan cermin Bagian kiri dari cermin merupakan bagia kanan pada cermin (terbalik) LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengkondisikan peserta didi pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Sebutkan sumber sumber cahaya! Apakah benar cahaya merambat lurus? Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok setiap kelompok Tiap tiap kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dan melakukan percobaan dengan peralatan yang telah disediakan guru Peserta didik dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain Peserta didik bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya Guru memberikan pbagi peserta didik yang telah mempresentasikan hasil diskusinya Peserta didik menyimak penegasan guru tentang materi yang baru dibahas Kegiatan penutup(10 menit) Menyimpulkan materi Mengerjakan Tes Akhir Memberikan tugas /PR METODE PEMBELAJARAN Diskusi, ,ceramah bervariasi,demonstrasi ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas 5 SD PT Sarana Panca Karya Dra. Enni Raharjo,Drs.H.Hidayat,Drs. Marjukun Syariah,Enok kuraesin,A.Ma.Pd, Bandung 2003 hal 60 Buku alam sekitar kita kleas V, Hadiat,Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1995 hal 45 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes kinerja dan tes akhir Jenis tes : tulisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal dan LKS Instrument tes Petunjuk : isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat ! Benda sebelah kiri,bayangan pada cermin datar sebelah… Tinggi benda sebenarnya…dengan tinggi bayangan benda pada cermin Jarak benda dengan cermin… dengan jarak bayangan dengan cermin Bayangan benda pada cermin datar tegak dan… Besar bayangan… dengan besar benda sebenarnya Kunci jawaban Kanan Sama Sama Sama sama Criteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 2 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : ……………. ……………. . ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. ……………. Petunjuk : cobalah lakukan percobaan dibawah ini Bercerminlah didepan kaca cermin.peganglah mata kirimu olehh tangan kiri kemudian perhatikan gambar yang tampak pada cermin tersebut! Mata sebelah mana dan oleh tangan mana bayangan yang tampak pada cermin Selanjutnya peganglah telingan kanan dengan tangan kananmu,telinga mana yang dipegang dan oleh tangan mana bayangan yang tampak pada cermin Samakah besar dan tinggi bayanganmu pada cermin dari sebenarnya? Jarak benda dengan cermin …dengan jarak bayangan dengan cermin LEMBAR PENGAMATAN Nama Mata Pelajaran : IPA Kelas /Semester : V/2 Hari/Tanggal : No Nama Siswa Aspek yang dinilai catatan Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : IV/II Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Jum’at 12 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah KOMPETENSI DASAR Menjumlahkan pecahan INDIKATOR Menjumlahkan dan mengurangkan dua pecahan biasa berpeyebut sama TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : Menyelesaikan operasi hitung menjulahkan dan mengurangkan dua pecahan biasa berpenyebut sama dengan baik dan benar Menyelesaikan operasi hitung menjumlahkan dan mengurangkan dua pecahan biasa berpenyebut sama dalam soal cerita dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Aturan dalam operasi campuran penjumlhan dan pengaurangan : Dahulukan pengerjaan operasi dalam kurung Penjumlahan dan pengurangan adalah setara kerjakan yang lebih dahulu ditemui contoh: 3/8 +4/8 – 2/8 = (3+4-2)/8 = (7-2)/8 = 5/8 6/9 – 3/9 – 2/9 = (6-3-2)/9 = (3-2)/9 = 1/9 LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengkondisikan peserta didi pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Kakak mempunyai 2/5 kue ,Adik mempunyai 3/5 kue berapa jumlah kue kakak dan adik ? Nenek Punya 4/8 kg duku, lalu diberikan kepada paman 2/8 kg,berapa kg sisa duku nenek? Kegiatan inti (20menit) Peserta didik mengerjakan satu contoh soal penjuklahan dan pengurangan pecahanberpenyebut sama yang diberikan guru Peserta didik yang sudah menyelesaikan soal tersebut dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil kerjanya . Guru memberikan penegasan terhadap penjelasan peserta didik mengenai materi tersebut. Peserta didik mengerjakan latihan latihan materi /soal soal yang diberikan dengan bimbingan guru Kegiatan penutup(10 menit) Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang sudah dibahas Peserta didik mengerjakan postes Peserta didik mencatat tugas/PR yang diberikan guru METODE PEMBELAJARAN Ceramah bervariasi,penugasan latihan ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku hitunganku matematika IV Teguh Purwantari,Untung Basuka, Suharyanto, Widodo,Bumi Aksara, Jakarta hal 82 Buku Ayo belajar Matematika IV,Burhan Mustaqim, Ary Astuti, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta 2008 Terampil Berhitung Matematika IV,Tim Bina Karya guru ,Erlangga, Jakarta 2004 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes proses dan akhir Jenis tes : tulisan dan lisan Bentuk tes : isian singkat Alat tes : soal soal Instrument tes Petunjuk : kerjakan soal – soal di bawah ini dengan tepat ! 21/30 + 15/30 – 13/30 = … 14/20 – 10/20 + 15/20 =… 15/25 + 22/25- 10/25 = … Nenek mempunyai padi 1 kwintal. Diberi lagi oleh paman 2/4 kwintal,padi tersebut dijual ¾ kwintal ,berapa kwintal padi nenek sekarang? Ibu membeli telur 5/7 kg,telah digunakan 2/7 kgkemudian membeli lagi 6/7 kg ,berapa kg telur ibu sekarang? Kunci jawaban (21+15-13)/30 = (36-13)/30 = 23/30 (14-10+15)/20 = (4+15)/20 = 19/20 (15+22-10)/25 = (37-10)/25 = 27/25 4/(4 )+ 2/4 – 3/4 = (6-3)/4 = 3/4 5/7 – 2/7 + 6/7 = (5-2+6)/7 = (3+6)/7 = 9/7 Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : IV / II Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Kamis ,18 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruh terhadap daratan KOMPETENSIDASAR Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin,hujan,cahaya matahari dan gelombang laut) INDIKATOR Menyebutkan perubahan lingkungan fisik TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : menyebutkan factor factor alam penyebab perubahan lingkungan dibumi dengan baik dan benar menjelaskan contoh perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh angin dan hujan dengan baik dan benar memberikan contoh perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh gelombang air laut dan matahari dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Factor factor alam penyebab perubahan leingkungan dibumi, anrata lain: Angin ,hujan ,gelombang air laut dan cahaya matahari.angin merupakan udara yang bergerak dan terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara angin yang bertiup sangat kencang dapat mengakibatkan rumah roboh,pohon pohon tumbang dan sarana komunikasi dan listrik rusak ,Hujan yang sangat deras dan terjadi secara terus menerus bias mengakibatkan banjir yang dapat ,merusak rumah,pesawahan ,kolam ikan,,gelombang laut dapat mengakibatkan abrasi. Matahari dapat mengakibatkan kemarau panjang yang dapat menyebabkan makhluk hidup kekuarangan air dan sumber makanan dapat menimbulkan kanker kulit dan dapat menyebabkan kebakaran hutan LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengkondisikan peserta didi pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Coba jelaskan apa manfaat hujan dan matahari bagi makhluk hidup Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok masing masing kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dengan mencari informasi dari buku sumber Masing masing wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergiliran dan ditanggapi oleh kelompok lain dengan bimbingan guru Guru membei penugasan dan pendalaman materi yang dibahas peserta didik melalui Tanya jawab Kegiatan penutup(10 menit) Peserta didik dengan bantuan guru menyimpulkan materi Peserta didik mengerjakan Tes Akhir Peserta didik mencatat tugas /PR yang diberikan guru METODE PEMBELAJARAN Diskusi ,Tanya jawab,ceramah ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku Ilmu Pengetahuan alam IV,Budi Wahyono,Setyo Nurahmandani,pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ,Klaten,hal 123 Buku alamku Sains 4 ,Widodo Eko Prabandari,Aryanti Sunarti,Bumi Aksara Jakarta 2004 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes Proses dan tes akhir Jenis tes : Tulisan dan Lisan Bentuk tes : Pilihan Ganda Alat tes : Soal – soal dan LKS Instrument tes: Petunjuk : Lingkarilah a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat ! Untuk menangkap ikan ditengah laut dengan perahu layar nelayan memanfaatkan angin… Darat Laut Musim Pasang Olah raga yang memanfaatkan energy angin adalah… Bulu tangkis Panahan Terbang laying Sepakbola Pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang air laut disebut… Erosi Abrasi Korasi Reboisasi Jika air hujan turun pada tanah yang gundul maka aliran air akan… Lambat karena banyak tumbuhan Deras karena banyak tumbuhan Lambat karena tidak ada tumbuhan Deras karena tidak ada tumbuhan Berikut pemanfaatan energy panas matahari oleh manusia ,kecuali… Matahari Mobil tenaga surya Menghidupkan TV Mengeringkan ikan Kunci Jawaban A 2. C 3. B 4. D 5. C Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : …. . ……………. …. . ……………. ………………….. Petunjuk : Diskusikanlah soal soal dibawah ini bersama teman kelompokmu ! Amatilah gambar diatas dan sebutkan factor factor yang menyebabkan perubahan tersebut! Jelaskan bebrapa factor penyebab perubahan lingkungan ! LEMBAR PENGAMATAN Nama Mata Pelajaran : IPA Kelas /Semester : IV/2 Hari/Tanggal : Kamis 18 Maret 2010 No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : …. . ……………. …. . ……………. ………………….. Petunjuk : kerjakan dan diskusikan soal soal berikut ini bersama teman kelompokmu ! Sebutkan nama nama stasiun pemancar radio yang ada didaerahmu! Stasiun TV apa saja yang dapat ditangkap didaerahmu? Sebutkan apa saja keuntungan menonton TV! Sebutkan apa saja kerugian menonton acara TV! Alat apa yang digunakan oleh Bapak-bapak yang meronda! LEMBAR PENGAMATAN Nama Mata Pelajaran : IPS Kelas /Semester : IV/2 Hari/Tanggal : Kamis 11 Maret 2010 No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IV / II Waktu : 1 x 35 menit Hari/ Tanggal : Kamis ,18 Maret 2010 STANDAR KOMPETENSI Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruh terhadap daratan KOMPETENSIDASAR Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin,hujan,cahaya matahari dan gelombang laut) INDIKATOR Menyebutkan perubahan lingkungan fisik TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui pengetahuan ,pemahaman dan aplikasi peserta didik dapat : menyebutkan factor factor alam penyebab perubahan lingkungan dibumi dengan baik dan benar menjelaskan contoh perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh angin dan hujan dengan baik dan benar memberikan contoh perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh gelombang air laut dan matahari dengan baik dan benar MATERI PEMBELAJARAN Factor factor alam penyebab perubahan leingkungan dibumi, anrata lain: Angin ,hujan ,gelombang air laut dan cahaya matahari.angin merupakan udara yang bergerak dan terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara angin yang bertiup sangat kencang dapat mengakibatkan rumah roboh,pohon pohon tumbang dan sarana komunikasi dan listrik rusak ,Hujan yang sangat deras dan terjadi secara terus menerus bias mengakibatkan banjir yang dapat ,merusak rumah,pesawahan ,kolam ikan,,gelombang laut dapat mengakibatkan abrasi. Matahari dapat mengakibatkan kemarau panjang yang dapat menyebabkan makhluk hidup kekuarangan air dan sumber makanan dapat menimbulkan kanker kulit dan dapat menyebabkan kebakaran hutan LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Pendahuluan (5 menit) Mengkondisikan peserta didi pada situasi belajar yang kondusif Apersepsi melalui Tanya jawab Coba jelaskan apa manfaat hujan dan matahari bagi makhluk hidup Kegiatan inti (20menit) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok masing masing kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dengan mencari informasi dari buku sumber Masing masing wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergiliran dan ditanggapi oleh kelompok lain dengan bimbingan guru Guru membei penugasan dan pendalaman materi yang dibahas peserta didik melalui Tanya jawab Kegiatan penutup(10 menit) Peserta didik dengan bantuan guru menyimpulkan materi Peserta didik mengerjakan Tes Akhir Peserta didik mencatat tugas /PR yang diberikan guru METODE PEMBELAJARAN Diskusi ,Tanya jawab,ceramah ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN Buku Ilmu Pengetahuan alam IV,Budi Wahyono,Setyo Nurahmandani,pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ,Klaten,hal 123 Buku alamku Sains 4 ,Widodo Eko Prabandari,Aryanti Sunarti,Bumi Aksara Jakarta 2004 PENILAIAN Prosedur Penilaian : Tes Proses dan tes akhir Jenis tes : Tulisan dan Lisan Bentuk tes : Pilihan Ganda Alat tes : Soal – soal dan LKS Instrument tes: Petunjuk : Lingkarilah a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat ! Untuk menangkap ikan ditengah laut dengan perahu layar nelayan memanfaatkan angin… Darat Laut Musim Pasang Olah raga yang memanfaatkan energy angin adalah… Bulu tangkis Panahan Terbang laying Sepakbola Pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang air laut disebut… Erosi Abrasi Korasi Reboisasi Jika air hujan turun pada tanah yang gundul maka aliran air akan… Lambat karena banyak tumbuhan Deras karena banyak tumbuhan Lambat karena tidak ada tumbuhan Deras karena tidak ada tumbuhan Berikut pemanfaatan energy panas matahari oleh manusia ,kecuali… Matahari Mobil tenaga surya Menghidupkan TV Mengeringkan ikan Kunci Jawaban A 2. C 3. B 4. D 5. C Kriteria Penilaian Setiap jawaban yang benar mendapat skor 20 Setiap jawaban yang salah mendapat skor 0 Skor maksimal 100 LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : Nama Anggota : …. . ……………. …. . ……………. ………………….. Petunjuk : Diskusikanlah soal soal dibawah ini bersama teman kelompokmu ! Amatilah gambar diatas dan sebutkan factor factor yang menyebabkan perubahan tersebut! Jelaskan bebrapa factor penyebab perubahan lingkungan ! LEMBAR PENGAMATAN Nama Mata Pelajaran : IPA Kelas /Semester : IV/2 Hari/Tanggal : Kamis 18 Maret 2010 No Nama Siswa Aspek yang dinilai Minat belajar Sikap Keaktifan kerjasama Catatan Dede Koswara A A A Firman Fadilah B B C Erga K B B B Gita Lestari A B A Ai Solehati A A A Hojinul Jannah A A B


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: