Dengan Ilmu Hidup Menjadi Mudah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester           : VI / Pertama

Alokasi waktu            : 6 x 35 menit

Standar Kompetensi

  1. Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.

Kompetensi Dasar

1.1.  Mendsikripsikan cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan tempat hidupnya.

Indikator

]  Memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak

]  Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar), dan lain-lain

]  Mengaitkan cirri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya

]  Melakukan pengamatan hewan di sekitar yang memiliki cirri khusus

  1. A.      Tujuan Pembelajaran
    1. Peserta didik dapat menyebutkan contoh beberapa hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya dengan benar
    2. Peserta didik dapat mendeskripsikan  atau menyebutkan ciri khusus beberapa hewan seperti Kelelawar dan cicak dengan benar.
    3. Peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan cirri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya.
  1. B.       Materi Pokok Pembelajaran

Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan :

  1. Hewan-hewan yang memiliki cirri khusus
  2. Ciri-ciri khusus hewan
  3. Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya
  1. C.      Metode Pembelajaran
    1. 1.    Model Pembelajaran
      1. Taching Game Team ( TGT )
      2. Cooperative Teaching and Learning ( CTL )
      3. 2.    Metode
        1. Diskusi
        2. Pengamatan
        3. Kerja Kelompok
  1. D.      Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama ( 2 x 35 menit )

1.1.   Pendahuluan (10 menit)

] Guru mengabsen kehadiran siswa

] Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan menyanyikan lagu “Cicak-cicak Di Dinding “, dan dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab mengenai makhluk hidup yang ada di sekitar kita :

–       Mengapa cicak tidak jatuh ketika merayap di dinding dan langit-langit rumah ?

–       Bagaimana kelelawar mencari makan ?

] Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa

1.2.   Kegiatan Inti (45 menit)

1.2.1.      Ekplorasi

  • Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
  • Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
  • Peserta didik melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam bentuk handout (Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar/ekolokasi, Memancarkan bunyi dari mulutnya, bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
  • Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek, telapak kaki tokek/cicak mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket, mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
  • Guru mendampingi siswa dalam berdiskusi sampai semua anggota memahami apa yang sedang dipelajari.
  • Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat pertanyaan.

1.2.2.      Elaborasi

Setiap perwakilan kelompok maju ke muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan

1.2.3.      Konfirmasi

Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan  materi  yang telah dipelajari :

–     Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi

–      Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat

–      Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah

1.3.   Penutup (15 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan pertemuan berikutnya.

  1. Pertemuan Kedua ( 2 x 35 menit )

2.1.   Pendahuluan ( 10 menit )

] Guru mengabsen kehadiran siswa

] Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai materi pelajaran sebelumnya.

] Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa

2.2.   Kegiatan Inti ( 45 menit )

2.2.1.       Ekplorasi

  • Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
  • Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
  • Peserta didik melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam bentuk handout (Keterkaitan cirri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya)
  • Mempelajari keterkaitan Kaki lengket pada cecak dan tokek, Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut dengan lingkungan hidupnya.
  • Guru mendampingi siswa dalam berdiskusi sampai semua anggota memahami apa yang sedang dipelajari.
  • Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat pertanyaan.

2.2.2.      Elaborasi

Setiap perwakilan kelompok maju ke muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan

2.2.3.      Konfirmasi

Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan  materi  yang telah dipelajari.

2.3.   Penutup ( 15 menit )

2.3.1.      Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

2.3.2.      Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan latihan ulangan pada pertemuan berikutnya.

  1. Pertemuan Ketiga ( 2 x 35 menit )

3.1.   Pendahuluan ( 10 menit )

]  Guru mengabsen kehadiran siswa

] Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa latihan ulangan yang akan dilakukan.

] Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa

3.2.   Kegiatan Inti ( 50 menit )

3.2.1.       Ekplorasi

  • Peserta didik menyimak penjelasan singkat materi pelaksanaan latihan ulangan yang akan dilakukan.
  • Guru membagikan berkas soal latihan ulangan kepada peserta didik.
  • Peserta didik mengerjakan soal-soal latihan ulangan dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Setelah selesai mengerjakan soal-soal latihan ulangan, peserta didik diminta untuk menukar lembar jawaban pada teman sebangku.

3.2.2.      Elaborasi

Setiap perserta didik mengevaluasi hasil pekerjaan temannya, dan peserta didik yang ditunjuk dapat menyebutkan jawaban temannya.

3.2.3.      Konfirmasi

Peserta didik bersama-sama dengan guru menyamakan jawaban soal Latihan Ulangan.

3.3.   Penutup ( 10 menit )

3.3.1.      Guru memberikan nilai dan penghargaan kepada peserta didik atas hasil latihan ulangan yang telah dikerjakan.

3.3.2.      Guru memberikan tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan belajar pada pertemuan berikutnya.

  1. E.       Sumber Belajar

–     Buku Paket IPA Karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani, Penerbit Mentari Pustaka (Buku BSE)

–     Gambar Hewan

–     Lembar Kerja Siswa ( LKS )

–     Lingkungan Sekitar

 

  1. F.       Penilaian Hasil Belajar

1.     Tekhnik Penilaian : Tes Proses dan Pos Tes (Tes Tertulis)

2.     Instrumen Penilaian : Terlampir

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

  1. Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut disebut dengan ………………….
  2. Cicak dan tokek memiliki cirri khusus yang sama yaitu ……………..
  3. Ciri khusus yang dimiliki oleh Landak semut dan Bunglon adalah ………….
  4. Unta, meskipun tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan dipadangpasir karena memiliki ……………..
  5. Memiliki mata dan pendengaran yang tajam dan peka adalah cirri khusus yang dimiliki oleh hewan ………………….

Kunci Jawaban :

  1. Ekolokasi
  2. Memiliki perekat pada kakinya yang berfungsi untuk merayap di dinding
  3. Memiliki lidah yang panjang dan lengket
  4. Punuk yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
  5. Burung Hantu

Score Nilai :

  1. Jika jawaban benar nilai 2, jika salah 0
  2. Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
  3. Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
  4. Jika jawaban benar nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
  5. Jika jawaban benar nilai 2, jika salah 0

…………………….

Mengetahui                                                                             Guru Kelas,

Kepala Sekolah,

………………….                                                                   ……………….

MEDIA PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester          : VI / I

Materi Pokok              : Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan :

  1. Hewan-hewan yang memiliki cirri khusus
  2. Ciri-ciri khusus hewan
  3. Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

 

 

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam

Hari / Tanggal                         :

Kelas / Semester                      : VI / I

Nama Kelompok                     : ………………………………………………

Nama Anggota Kelompok      : 1. ……………………………………………

  1. ……………………………………………
  2. ……………………………………………
  3. ……………………………………………
  4. ……………………………………………
  5. ……………………………………………
  6. ……………………………………………
No Nama Hewan Ciri-ciri khusus Kegunaan
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    

 

 

Nilai Tanda Tangan Guru
 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

LEMBAR EVALUASI

 

 

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam

Hari / Tanggal                         : …………………………………………..

Nama Siswa                            : …………………………………………..

Kelas / Semester                      : VI. C / I.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

1. Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut disebut dengan ………………….

  1. Cicak dan tokek memiliki cirri khusus yang sama yaitu ……………..
  2. Ciri khusus yang dimiliki oleh Landak semut dan Bunglon adalah ………….
  3. Unta, meskipun tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan dipadangpasir karena memiliki ……………..
  4. Memiliki mata dan pendengaran yang tajam dan peka adalah cirri khusus yang dimiliki oleh hewan ………………….

Jawaban :

  1. …………………………………………………………………………………………………
  2. …………………………………………………………………………………………………
  3. …………………………………………………………………………………………………
  4. …………………………………………………………………………………………………
  5. …………………………………………………………………………………………………
Nilai Tanda Tangan Guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester           : VI / II (Dua)

Alokasi waktu            : 10 x 35 menit

Standar Kompetensi

7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energy

Kompetensi Dasar

7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidik hubungan antaragayadan gerak (model jungkat jangkit, ketapel/ model traktor sederhana energy pegas).

Indikator

]  Siswa dapat menentukan alat dan bahan yang sesuai

]  Siswa dapat membuat model untuk menunjukkan pengaruhgayaterhadap gerak benda, misalnya : membuat model jungkat-jangkit dan ketapel.

]  Siswa dapat menjelaskan beberapa ktor yang memperngaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel .

]  Siswa dapat memberikan contoh penggunaan alat yang berhubungan dengangayadan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.

  1. A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.     Menjelaskan konsepgayadan pengaruhnya dalam mengubah gerak benda

2.     Mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda

3.     Merancang suatu karya yang menggunakan konsepgayadan gerak

4.     Membuat model yang menggunakan penerapan konsepgayadan gerak

5.     Mengidentifikasi alat-alat yang berhubungan dengangayadan gerak dalam kehidupan sehari-hari.

  1. B.       Materi Pokok Pembelajaran

Gayadan Gerak

  1. C.      Metode Pembelajaran
    1. 1.    Model Pembelajaran
      1. Taching Game Team ( TGT )
      2. Cooperative Teaching and Learning ( CTL )
      3. 2.    Metode
        1. Tanya Jawab
        2. Penugasan
        3. Eksperimen (Kerja Kelompok)
        4. Demonstrasi
  1. D.      Kegiatan Pembelajaran

1.     Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)

1.1.    Pendahuluan (10 menit)

v Guru mengajak siswa untuk berdo’a dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa

v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan  tanya jawab : Apa yang menyebabkan anak panah terlepas dari busur ?

v Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa tentang apa yang dimaksud dengan gaya ?

1.2.   Kegiatan Inti (45 menit)

1.2.1.     Eksplorasi

Siswa mengingat dan mendengarkan kembali materi tentanggayayang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.

Siswa membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa

Siswa membuat model jungkat-jangkit dengan bahan yang sederhana (misalnya plastisin/penggaris)

Siswa melakukan diskusi tentang pengaruhgayaterhadap gerak benda, misalnya jungkat-jangkit

Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dan diskusi.

Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi

1.2.2.      Elaborasi

Setiap perwakilan kelompok melaporkan kesimpulan hasil diskusi ke muka kelas, kelompok lain memperhatikan dan menyimak laporan yang disampaikan oleh kelompok yang sedang melaporkan hasil diskusi.

1.2.3.      Konfirmasi

Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang didiskusikan yaitu :

–         Gayaadalah tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda.

–          Bahwagayadapat mempengaruhi gerak benda, sebagaimana jungkat-jangkit dapat bergerak karena adanya pengaruhgayayaitu beban/berat benda.Gayaberat benda yang tidak sama, menyebabkan posisi jungkat-jangkit tidak setimbang, sedangkan beban yang sama membuat gerak jungkat-jangkit setimbang.

1.3.   Penutup (15 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat ketapel pada pertemuan berikutnya.

2.     Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)

2.1.   Pendahuluan (10 menit)

v  Guru mengajak siswa berdo’a lalu mengabsen kehadiran siswa

v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan  tanya jawab : Bagaimana cara memainkan ketapel ?

v Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.

2.2.    Kegiatan Inti (50 menit)

2.2.1.      Eksplorasi

Guru meminta siswa / kelompok untuk keluar menuju halaman sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat ketapel.

Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat dan bahan yang telah dibawa.

Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme kerja kelompok, serta mengingtkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat agar tidak terluka.

Setiap kelompok mengerjakan pembuatan ketapel dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu yang telah disepakati.

Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap kelompok dalam mempraktikan pembuatan ketapel.

Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mencoba ketapel yang telah dibuatnya, benda yang dilontarkan terdiri dari batu kerikil dan kertas yang dibulatkan.

Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok, masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruhgayaterhadap gerak benda.

2.2.2.      Elaborasi

Perwakilan kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dibuatnya

2.2.3.      Konfirmasi

–     Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru memperjelas tentang pengaruhgayaterhadap gerak benda yang bekerja pada ketapel, maupun benda lain.

–    Gayadapat mempengaruhi gerak benda, semakin besargayayang diberikan, semakin besar pula pengaruhgayatersebut terhadap gerak benda, Contohnya : semakin besargayaatau tarikan pada ketapel, maka semakin jauh benda terlontar.

–     Benda yang berasal dari kerikil akan jauh terlempar jika dibandingkan dengan kertas yang dibulatkan, hal ini dipengaruhi oleh berat benda yang akan dilontarkan, dan besargayayang diberikan terhadap ketapel.

2.3.   Penutup (10 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat traktor pegas pada pertemuan berikutnya.

3.     Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)

3.1.    Pendahuluan (10 menit)

v Guru mengawali pertemuan dengan mengajak siswa berdo’a, dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa

v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan  tanya jawab : Bagaimana cara memainkan ketapel ?

v Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang bagaimana prinsip kerja traktor pegas/mobil-mobilan.

3.2.    Kegiatan Inti (50 menit)

3.2.1.      Eksplorasi

Guru meminta siswa / kelompok untuk keluar menuju halaman sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat ketapel.

Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat dan bahan yang telah dibawa.

Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme kerja kelompok, serta mengingtkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat agar tidak terluka.

Setiap kelompok mengerjakan pembuatan traktor pegas/mobil-mobilan dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu yang telah disepakati.

Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap kelompok dalam mempraktikan pembuatan tarktor pegas/mobil-mobilan.

Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mencoba traktor pegas yang telah dibuatnya.

Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok, masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruhgayaterhadap gerak traktor pegas/mobil-mobilan.

3.2.2.      Elaborasi

Perwakilan kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dibuatnya

3.2.3.      Konfirmasi

–     Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru memperjelas tentang pengaruhgayaterhadap gerak benda yang bekerja pada traktor pegas/mobil-mobilan.

–     Semakin besargayayang diberikan pada traktor pegas, semakin besar pula pengaruhgayatersebut terhadap gerak benda, Contohnya : semakin besargayaatau tarikan pada traktor pegas / mobil-mobilan, maka semakin jauh /cepat benda tersebut bergerak.

3.3.   Penutup (10 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajari dan mencari contoh permainan yang menggunakan prinsipgayadan gerak, serta bentukgayayang diberikan pada permainan tersebut

4.     Pertemuan Keempat (2 x 35 menit)

4.1.    Pendahuluan (10 menit)

v Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa,

v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan  tanya jawab : Siapa yang pernah mengendarai sepeda ?

v Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sepeda.

4.2.    Kegiatan Inti (50 menit)

4.2.1.      Eksplorasi

  • Guru  meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu, dan membahasnya bersama-sama siswa.
  • Guru bersama bersama siswa mengamati sepeda / gambar sepeda sebagai bahan belajar.
  • Siswa melakukan diskusi dengan bahan hand out tentang materi yang telah disampaikan, yaitu tentang hasil pengamatan terhadap sepeda, lalu mendiskusikan tentanggayagesek pada sepeda.
  • Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/nama kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan nama/nomornya, menjawab pertanyaan, dan jika kelompok tersebut tidak dapat menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini terus dilakukan sampai semua kelompok diberi pertanyaan dan dapat menjawab pertanyaan.
  • Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.

4.2.2.      Elaborasi

Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.

4.2.3.      Konfirmasi

Guru bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara lain :

  • Sepeda dapat bergerak jika ada pengaruhgaya, yaitugayaotot yang dilakukan oleh manusia ketika mengayuh sepeda, sehingga sepeda tersebut bergerak dan berpindah tempat maupun berubah arah geraknya.
  • Sepeda yang sedang berjalan, gerakan sepeda dapat diperlambat atau bahkan berhenti jika diberikan pengaruhgaya, yaitugayagesek pada roda sepeda.
  • Untuk memperbesargayagesek, maka permukaan benda harus diperkasar atau diberikan ulir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin kasar permukaan benda, semakin besar pengaruhgayageseknya.

4.3.   Penutup (10 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk mempelajari dan mencari contoh alat-alat yang menggunakan prinsipgayadan gerak, serta bentuk dan pengaruhgayayang diberikan pada alat-alat  tersebut

5.     Pertemuan Kelima (2 x 35 menit)

5.1.   Pendahuluan (10 menit)

v Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa,

v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan  tanya jawab : Apakah kamu punya sumur timba ?

Bagaimana cara mengambil air dari sumur timba ?

v Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sumur timba dan atau alat-alat lain yang serupa.

5.2.    Kegiatan Inti (50 menit)

5.2.1.      Eksplorasi

  • Guru mengulang materi pertemuan yang lalu tentanggayayang bekerja pada sepeda serta pengaruhgayagesek pada sepeda.
  • Guru bersama bersama siswa mengamati gambar sumur timba sebagai bahan belajar.
  • Siswa melakukan diskusi tentanggayayang bekerja dan pengaruhnya pada sumur timba, serta membandingkannya dengangayagesek yang bekerja pada sepeda.
  • Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/nama kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan nama / nomornya, menjawab pertanyaan,  dan jika kelompok tersebut tidak dapat menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini terus dilakukan sampai semua kelompok diberi pertanyaan dan dapat menjawab pertanyaan.
  • Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.

5.2.2.      Elaborasi

Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.

5.2.3.      Konfirmasi

Guru bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara lain :

  • Pada sumur timba memanfaatkan pesawat sederhana yaitu katrol, dalam katrol ada pengaruhgayaotot. Agar pada saat menimba air tidak berat, maka harus diperkecilgayageseknya pada katrol tersebut, yaitu dengan member bantalan peluru.
  • Untuk memperkecilgayagesek, maka permukaan benda harus diperhalus atau dibuat licin, salah satunya yaitu dengan member bantalan peluru..

5.3.   Penutup (10 menit)

–     Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.

–     Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk mempelajari dan mencari contoh alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkangayadan gerak, serta bentuk dan pengaruhgayayang diberikan pada alat-alat  tersebut

  1. E.       Sumber Belajar

–       Buku Paket IPA Karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani, Penerbit Mentari Pustaka (Buku BSE)

–       Gambar Hewan

–       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

–       Lingkungan Sekitar.

 

  1. F.       Penilaian Hasil Belajar

1.     Tekhnik Penilaian :

  1. Tes unjuk kerja
  2. Tes tertulis

2.     Bentuk Instrumen

  1. Uji petik kerja produk
  2. Tugas
  3. Uraian

3.     Instrumen

  1. Uji petik kerja produk

1)   Sediakan plastisin/benda lain berbentuk prisma sebagai titik tumpu

2)   Letakkan penggaris di atas bentuk prisma. Letakkan benda di kedua ujung penggaris, beri sedikit dorongan.

Rubrik :

No Aspek Skor Maksimum Skor Perolehan Peserti Didik
1

2

3

4

5

6

7Ketepatan prosedur kerja

Kerjasama tim

Hasil karya sesuai rancangan

Nilai fungsional produk

Nilai estetika produk

Ketepatan mengambil kesimpulan

Ketepatan menjawab pertanyaan3

2

3

3

3

3

3  Jumlah Skor20

NA (Nilai Akhir) :  x 100

  1. Tugas

Carilah bentuk-bentukgayayang kamu lakukan pada permainanmu sehari-hari.

  1. Uraian

Berikan contoh berbagai alat dan mainan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengangayadan gerak

Jawab        : Jungkat-jangkit, ketapel, mobil-mobilan, sepeda, dan timba air.

Skor           : 2

 

 

…………………

Mengetahui                                                                             Guru Kelas ,

Kepala Sekolah,

IIN,S.Ag                                                             SAEPUNAJAH,S.Pd.I

NIP.197106051993031001                        NIP.197808292005011002

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: