Dengan Ilmu Hidup Menjadi Mudah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

 

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di         Indonesia dan negara tetangga
  1. INDIKATOR
  • Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia.
  • Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia denga negara-negara lain.
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat menemutunjukan letak dan nama negara tetangga Indonesia
  • Peserta didik mampu membandingkan ciri ciri gejala alam Indonesia dengan negara negara lain
  1. MATERI PEMBELAJARAN

 

  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

–      Apersepsi

–      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

–      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

–      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

–      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

–      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

–      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

–      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

–      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

–      Peserta didik mengerjakan evaluasi

–      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

–      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

  1. Sebutkan 8 propinsi yang ada di Indonesia dulu
  2. Propinsi borneo sekarang dikenal dengan nama….
  3. Ada berapa jumlah propinsi yang sekarang?
  4. Pulau jawa terbagi menjadi 3 propinsi yaitu….
  5. Di propinsi manakah kalian tinggal?

 

 

 

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.

 

  1. Prosedur penilaian :

–      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

–      Soal yang salah diberi nilai 0

–      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

 

Wali Kelas VI

 

 

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : Matematika

Diskusikanlah dengan kelompokmu lihat ke atlasmu ada berapa kota yang ada di propinsi jawa barat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

 

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia  sekitarnya.

 

  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
  1. INDIKATOR
  • Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
  • Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat Menjelaskan cara menghadapi bencana alam
  • Peserta didik mampu menunjukan jenis jenis bencana alam
  1. MATERI PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

–      Apersepsi

–      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

–      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

–      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

–      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

–      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

–      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

–      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

–      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

–      Peserta didik mengerjakan evaluasi

–      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

–      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

 

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

–      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

–      Soal yang salah diberi nilai 0

–      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

 

Wali Kelas VI

 

 

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

 

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : Matematika

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

 

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami peranan Indonesia di era globalisasi.

 

  1. KOMPETENSI DASAR
  • Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan
  1. INDIKATOR
  • Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
  • Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat  sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,  makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan  tradisi
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat Menjelaskan peran bangsa Indonesia pada era globalisasi
  • Peserta didik mampu menunjukan perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi
  1. MATERI PEMBELAJARAN

 

 

  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

–      Apersepsi

–      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

–      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

–      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

–      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

–      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

–      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

–      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

–      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

–      Peserta didik mengerjakan evaluasi

–      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

–      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

 

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

–      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

–      Soal yang salah diberi nilai 0

–      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : IPS

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah        : MI Al – Jihad

Mata pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester     : VI/II

Hari /Tanggal        :

 

  1. STANDAR KOMPETENSI
  • Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
  1. KOMPETENSI DASAR
  • Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai     kegiatan ekonomi antar bangsa
  1.  INDIKATOR
  • Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh Indonesia.
  • Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-          barang antara Indonesia dan luar negeri.
  • Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antarai ndonesia dan luar negeri
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Peserta didik dapat menemu tunjukan barang yang di eksport dan import
  • Peserta didik mampu menjelaskan bentuk bentuk kegiatan pertukaran barang dan jasa antara Indonesia dan luar negeri
  • Peserta didik dapat menunjukan manfaat eksport dan import
  1. MATERI PEMBELAJARAN

 

 

  1. ALOKASI WAKTU

2×35 menit

  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. Kegiatan Awal

–      Apersepsi

–      Mengkondisikan peserta didik pada situasi pembelajaran yang kondusif

–      Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran

  1. Kegiatan inti

–      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa

–      Guru memberikan penjelasan mengenai materi yang akan diajarkan

–      Guru dan peserta didik bersama sama membahas materi dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang sedang dibahas

–      Guru membagikan contoh soal kepada tiap tiap kelompok

–      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergilliran dan kelompok yang lain menanggapi hasilnya

  1. Kegiatan Penutup

–      Guru memberikan penjelasan akhir dari materi yang sedang dibahas

–      Peserta didik mengerjakan evaluasi

–      Guru memberikan soal latihan untuk dikerjakan dirumah

  1. ALAT DAN SUMBER

–      Buku IPS :  ” BSE, kelas VI Smt II

  1. METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Diskusi
    3. demonstrasi
    4. PENILAIAN
      1. Prosedur tes           : tes tertulis
      2. Instrumen tes        :

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

 

 

 

  1. Kunci Jawaban :
1. 6.
2. 7.
3. 8.
4. 9.
5. 10.
  1. Prosedur penilaian :

–      Setiap skor yang benar diberi nilai 1

–      Soal yang salah diberi nilai 0

–      Nilai akhir =

Skor maksimal x 100

15

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

IIN,S.Ag

NIP.197106051993031001

 

Wali Kelas VI

 

 

SAEPUANAJAH,S.Pd.I

NIP.197808282005011002

 

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok               : ………………………….

Mata Pelajaran                : IPS

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: